31.1 C
Banda Aceh
spot_img
spot_img

TERKINI

POPULER

1,5 Juta Kenderaan Lintasi Tol Trans Sumatera Selama Liburan Nataru

MEDAN | ACEH INFO – Sebanyak 1,5 juta kenderaan yang melintasi Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) selama liburan natal dan tahun baru (Nataru) dari 18 Desember 2023 hingga 3 Januari 2024, meningkat 38 persen dari volume lalu lintas normal dan 52 persen dibandingkan liburan Nataru tahun sebelumnya.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo mengatakan, angka tersebtt merupakan total volume lalu lintas dari 9 ruas JTTS yang beroperasi penuh, yaitu tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung (Terpeka), tol Palembang – Indralaya (Palindra), tol Indralaya – Prabumulih (Inpra), tol Bengkulu – Taba Penanjung (Bengtaba), tol Pekanbaru – Dumai (Permai), tol Pekanbaru – Bangkinang (Pekbang), tol Binjai – Langsa Seksi 1 dan 2 (Binjai – Kuala Bingai), tol Indrapura – Lima Puluh, dan Tol Sigli – Banda Aceh Seksi 2 hinga 6 (Seulimeum – Baitussalam).

“Tol Pekanbaru – Dumai memiliki trafik tertingi dilintasi sebanyak 303.446 kendaraan. Tingginya trafik di tol ini diperkirakan karena besarnya minat masyarakat dari Pekanbaru yang akan berlibur ke Melaka melalui Pelabuhan Internasional Dumai ataupun sebaliknya, banyak masyarakat Dumai yang merayakan libur tahun baru di Pekanbaru,” jelas Tjahjo.

Baca Juga: Trafik Kenderaan di Tol Sigli-Banda Aceh Naik 61 Persen Selama Liburan

Sementara untuk 2 tol fungsional yang dibuka guna mendukung kelancaran Nataru adalah tol Kuala Bingai – Tanjung Pura, yang mempersingkat akses dari Langsa ke Binjai, dilalui 62.000 kendaraan dari 23 Desember 2023 hingga 10 Januari 2024. Sedangkan tol Bangkinang – Koto Kampar, yang menghubungkan Provinsi Riau dan Sumatera Barat, dilintasi 12.000 kendaraan selama periode 24 Desember 2023 hingga 3 Januari 2024.

“Kendaraan yang melintas pada kedua jalan tol fungsional tersebut didominasi oleh kendaraan golongan satu atau kendaraan pribadi. Dengan trafik yang signifikan tersebut, terlihat antusias tinggi pengguna jalan tol menggunakan JTTS sebagai jalur alternatif guna mempermudah akses antar kota maupun antar provinsi di Sumatera,” tambah Tjahjo.

Baca Juga: HK Temukan Sejumlah Mobil Angkutan Over Load di Tol Sigli-Banda Aceh

Dirlantas Polda Sumatera Utara, Kombes Pol Muji Ediyanto juga menyampaikan apresiasi kepada Hutama Karya selama pelayanan Nataru di JTTS khususnya yang berada di Provinsi Sumatera Utara.

“Alhamdulillah, pelayanan libur Nataru 2023/2024 telah berakhir. Adanya dukungan tol terutama di Sumatra Utara yaitu Tol Tebing Tinggi – Indrapura – Lima Puluh dan Tol Binjai hingga Tanjung Pura sangat membantu mengurai kepadatan yang ada di jalan nasional sehingga libur Nataru ini berjalan lancar. Hutama Karya selaku pengelola terus berkoordinasi dengan pihak Kepolisian selama Nataru, sehingga pengguna jalan tol merasa nyaman dan aman berkendara,“ tutur Kombes Muji Ediyanto.[]

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

TERKINI