25.4 C
Banda Aceh

TERKINI

POPULER

17 Desember 1960: Panitia Pembangunan Universitas Syiah Kuala Dibentuk

spot_img

Pada 17 Desember 1960, Rapat perdana digelar pembangunan Universitas Syiah Kuala dilakukan. Rapat dihadiri Gubernur Ali Hasymi, Pangdam I Iskandar Muda Mayjen M Jasin selaku wakil ketua umum panitia, dan kolonel Sjamaun Gaharu selaku  penasihat panitia.

Rapat memutuskan agar Kolonel M Jasin yang akan berangkat ke Jakarta dalam rangka tugas dinasnya, diminta untuk melakukan pembicaraan dengan instansi terkait untuk merealisasi pembangunan universitas di Aceh.

Sejak 1958, Pemerintah daerah istimewa Aceh juga sudah mengutus Ibrahim Abduh anggota Dewan Pemerintah Daerah Aceh, dan Njak Yusda ke Yogjakarta dalam rangka mengumpulkan bahan-bahan dan melakukan penelitian sampai sejauh mana kemungkinan dapat dibangunnya satu universitas di Aceh.

Baca Juga: Poh An Tui dan Sentimen Anti Tionghoa di Aceh

Keduanya menjumpai Biro Asisten Provinsi Aceh Yogjakarta yang diketuai oleh Ismuha. Keduanya menjelaskan tentang rencana pembangunan universitas di Aceh. Tapi Ismuha memberi pendapat sebaiknya  jangan tegesa-gesa.

Menurutnya, membangun sebuah universitas butuh biaya besar dan tenaga pengajar waktu itu belum ada. Bila memungkinkan dibuka saka Akademi atau Kursus B1 yang akan menciptakan guru-guru untuk sekolah lanjutan. Disamping itu dalam rangka menciptakan kader, berikan beasiswa kepada putra-putra daerah untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat perguruan tinggi dan universiats di luar aceh.

Baca Juga: Kisah Bentrokan Pasukan Cumbok dan TKR di Sigli

Meski dmeikian, tekad sudah bulat di Aceh, dan akhirnya univeritas Syiahkuala dibuka dengan Fakultas ekonomi sebagai fakultas pertama. Biro Asisten Provinsi Aceh Yogjakarta kemudian terus mengirim tenaga-tenaga guru SMA ke Aceh dalam rangka Pengerahan Tenaga Mahasiwa (PGM) sehingga dalam waktu singkat bisa dibuka SMA di seluruh Aceh. Biro Asisten Provinsi Aceh Yogjakarta juga mengirim mahasiswa-mahasiwa Aceh untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri di berbagai jurusan.[]

Baca Juga: HDC Fasilitasi RI dan GAM Bahas Efektifitas Jeda Kemanusiaan

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

MINGGU INI