Festival Sate Matang, Ajang promosi Kuliner Andalan Bireuen - Acehinfo.id

Breaking

Sabtu, 30 Maret 2019

Festival Sate Matang, Ajang promosi Kuliner Andalan Bireuen




Bireuen | Aceh Info - Pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh  mendukung pengembangan potensi kuliner Bireuen dengan menggelar Festival Sate Matang di  Lapangan Galacticon, Sabtu dan Minggu (30-31/3/2019).

festival Sate Matang  bertujuan untuk mempromosikan sate matang sebagai ikon kuliner Bireuen ke setiap daerah, tingkat nasional maupun manca negara. Selanjutnya, festival tersebut diharapkan dapat mempersiapkan sate matang sebagai salah satu wisata kuliner andalan di Aceh. Ujar Irmayani, Kepala Bidang Sejarah dan Nilai Budaya Disbudpar Aceh,

festival tersebut juga bertujuan untuk menggali dan melestarikan keanekaragaman kuliner khas Bireuen. “Kami tidak hanya menampilkan sate matang, tapi juga menampilkan peunajoh lainnya di Bireuen,” kata dia pada pembukaan Festival Sate Matang di Bireun, Sabtu, (30/3).


Posisi Bireun yang strategis dapat dijadikan potensi untuk menggaet pengunjung mencicipi kuliner andalan kota tersebut.“Kabupaten Bireun ini berada pada jalan lintas Banda Aceh ke Medan atau lintas Sumatera. Jadi banyak yang singgah di Bireuen atau di Matang untuk mencicipi Sate Matang,” ujar Irmayani.

Irma berharap festival sate matang  dapat menjadi event tahunan di Kabupaten Bireuen.

Festival Sate Matang merupakan salah satu agenda dari 100 event kalender wisata Aceh. Festival tersebut menghadirkan 25 pedagang sate dan menampilkan berbagai kuliner khas Bireun lainnya, seperti nagasari, meuseukat, halua, bhoi, rujak manis Kuta Blang, manisan salak dan timphan sri kaya serta bu payeh. Kegiatan tersebut juga diisi dengan berbagai aneka lomba.