Pungo Film - Acehinfo.id

Breaking

Minggu, 16 Juni 2019

Pungo Film

PUNGOPILEM

ADA BANYAK kegilaan menyertai hidup kita akhir-akhir ini. Tapi PUNGOPILEM yang menjadi merk atawa nama acara yang hendak dihelat oleh Komunitas Kanot Bu dalam program rutin-tak-rutinnya; TerasSore, merupakan 'kegilaan' dalam batas-batas kewajaran yang memang musti dipunyai umat manusia. Kendati demikian, kenyataan kian menggeliatnya produksi film di Aceh dalam beberapa tahun terakhir, entah itu berupa film-film dokumenter atau fiksi, berdurasi panjang atau pendek, adalah kegilaan lain yang memang patut dibicarakan secara lebih khidmat tanpa mengurangi kebiasaan kita dalam bersantai ria, semisal, sambil mengudut dan menyeruput sementara di panggung juru hibur melakukan tugasnya tanpa payah kita minta.

Kegilaan itu tentu saja ada mengingat fakta: Bahwa Aceh yang telah 'membebaskan diri' dari keberadaan bioskop sebagai ruang tonton komunal sejak tahun-tahun penuh murung. Namun di pihak lain produksi film terus saja dilakukan oleh para sineasnya, terutama orang-orang muda, tentulah berujung pada tanda tanya besar. Hendak dikemanakankah film-film yang telah dan atau tengah dan atau hendak diproduksi itu?

Beranjak dari pertanyaan demikian, diskusi TerasSore di Bivak Emperom nanti akan menitikberatkan pada upaya-upaya menjawab bagaimana pendistribusian film-film di Aceh dilakukan. Yang dalam ikhtiar tersebut akan ada orang-orang Viu dot com (sebuah platform tonton film berbasis daring) memberikan pandangannya tentang alternatif distribusi film yang ada. Pula Kepala Dinas Pariwisata Kota Banda Aceh ikut bicara tentang hal ihwal pemerintah dalam merespon geliat kreativitas orang-orang muda di kotanya, terlebih di ranah perfilman. Seturut dengannya 'gerilyawan' film di Aceh hadir memberikan pandangan dan pengalaman. Amsal bagaimana mereka menjaga lelampu ruang tonton alternatif di Aceh tetap hidup meski ketika dilihat oleh orang-orang di luar sana, mereka akan berkata, "Redup sekali!"

Karenanya turut hadir pada acara sebagaimana yang telah kau lihat-baca pada poster pemberitahuan di atas, adalah baik bagi kegilaan yang kau punya. Sampai jumpa ba'da ashar hari Selasa!