26.5 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

POPULER

598 Ekor Sapi di Langsa Terindikasi Gejala PMK

LANGSA | ACEHINFO – Penyakit Kuku dan Mulut diduga mulai menyerang hewan ternak di sejumlah daerah di Aceh. di Kota Langsa, sebanyak 598 ekor sapi diduga terserang penyakit tersebut.

Ketua Tim Medis Penanganan PMK di Kota Langsa, Suhardi Silga, ketika dihubungi AcehInfo, menyebut, 598 ekor sapi yang memiliki gejala PMK itu tersebar di beberapa gampong dalam wilayah Kota Langsa.

Untuk penanggulangan sementara saat ini pihaknya memberikan simptomatik atau pengobatan terhadap sapi yang memiliki gejala PMK.

“Selain memiliki gejala, ada dua ekor sapi yang mati dan satu ekor dipotong paksa,” katanya kepada AcehInfo, Jumat (13/5).

598 ekor sapi yang memiliki gejala PMK itu diantaranya berada di Kecamatan Langsa Baro, yakni Gampong Gedubang Jawa sebanyak 24 ekor, Alue Dua sebanyak empat ekor, Lengkong sebanyak 200 ekor, dan Gedubang Aceh sebanyak 26 ekor.

Untuk Kecamatan Langsa Lama Sapi yang diduga teserang PMK juga dilaporkan berada Gampong Asam Petik sebanyak 50 ekor, Meurandeh sebanyak 12 ekor, Kebun Ireng sebanyak 250 ekor dan Pondok Kemuning sebanyak dua ekor.

Sementara di Kecamatan Langsa Barat yakni Gampong Paya Bujuk Teungoh sebanyak dua ekor dan Lhok Bani sebanyak tujuh ekor. Di Kecamatan Langsa Timur terdiri dari Gampong Seunebok Antara sebanyak 12 ekor, Matang Cengai sebanyak lima ekor dan Alue Merbau sebanyak empat ekor.

Penyakit Kuku dan Mulut terhadap hewan ternak ini tidak akan menular ke manusia. Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin mengatakan, penyakit ini memang sedang menyerang ternak warga di sejumlah daerah.

“Khusus untuk virus mulut dan kuku ini memang adanya di hewan yang berkuku dua, jadi sangat jarang yang loncat ke manusia,” jelas Budi, dalam keterangannya Istana Negara, Jakarta, Kamis pekan lalu. []

LAPORAN: DEDEK | KOTA LANGSA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

MINGGU INI