24.7 C
Banda Aceh

TERKINI

POPULER

7 Kecamatan di Aceh Utara Dilanda Banjir

ACEH UTARA | ACEH INFO – Sebanyak tujuh kecamatan di wilayah Kabupaten Aceh Utara dilanda banjir, akibat hujan deras yang melanda kawasan tersebut dan sejumlah fasilitas publik juga ikut terendam.

Kabid.Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Utara, Ns.Mulyadi mengatakan, hujan deras tersebut sudah sepekan terjadi dan mengakibatkan banjir.

“Kecamatan yang dilanda banjir yaitu, Kecamatan Matang Kuli, Pirak Timu, Tanah Luas,  Cot Girek, Samudera,Lhoksukon Dan Kecamatan  Nisam,” ujar Mulyadi, Rabu, 5 Oktober 2022.

Mulyadi menambahkan, akibat hujan deras yang melanda Kabupaten Aceh Utara dan Bener Meriah selama sepekan, maka telah mengakibatkan meluapnya aliran sungai  Krueng Keuruto dan Krueng Pirak .

Meluapnya air tersebut mulai terjadi pada Selasa, 4 Oktober 2022, sekitar pukul 07.30 WIB, sehingga air mulai melewati  badan jalan dan memasuki permukiman warga di Kecamatan Matang Kuli dan Pirak Timu.

“Ketinggian airnya berkisar 10 sampai 150 sentimeter dan pada hari ini (Rabu,5 Oktober 2022), banjir mulai meluas ke Kecamatan Cot. Girek, Tanah Luas, Samudera dan Kecamatan  Nisam,” tutur Mulyadi.

Tambahnya, sejumlah perkantoran juga ikut terendam, seperti di Kecamatan Matangkuli sejumlah perkantoran yang terendam yaitu, kantor camat, mapolsek, koramil, puskesmas dan beberapa sekolah.

“Saat ini di 19 desa warga mulai mengungsi, namun kami masih terus melakukan pendataan,” katanya.

EDITOR: M. AGAM KHALILULLAH

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

MINGGU INI