25.6 C
Banda Aceh
Saturday, November 27, 2021

Aceh Harus Mandiri Ekonomi, DOKA akan Berakhir 2027

BANDA ACEH l ACEH INFO – Dana Alokasi Khusus Aceh (DOKA) akan berakhir pada 2027 mendatang.

“DOKA harus digunakan untuk kemajuan dan meningkatnya ekonomi di Aceh, Aceh harus mandiri ekonomi dengan dana ini,” hal itu dikatakan Anggota DPR Aceh, Teuku Raja Keumangan, Kamis (19/8/2021).

Sebagaimana dilansir Antaranews.com, Anggota DPRA Teuku Raja Keumangan (TRK) menegaskan, penggunaan Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA) harus mampu meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Provinsi Aceh, termasuk kabupaten/kota di daerah ini.

“DOKA Aceh yang sudah diberikan oleh Pemerintah Pusat harus mampu mendongkrak ekonomi masyarakat dan kemandirian Aceh di masa depan,” kata TRK.

Dikatakannya, selama ini banyak bupati di Aceh yang memberi tanggapan beragam terhadap desakan agar DOKA dikelola oleh kabupaten/kota di Aceh, telah membuktikan bahwa kepala daerah di Aceh sangat peduli, agar dana tersebut dapat digunakan untuk kesejahteraan masyarakat di seluruh Aceh.

“DOKA harus mampu terealisasi sesuai dengan harapan seluruh rakyat Aceh, jangan digunakan untuk kegiatan yang sifatnya pemborosan atau tidak bermanfaat bagi rakyat,” pinta Teuku Raja Keumangan.

Untuk itu, ia meminta kepada elemen pimpinan daerah di Provinsi Aceh harus segera memiliki konsep yang terarah guna menciptakan pembangunan yang monumental, berkelanjutan dan bermanfaat di Aceh.

Selain itu, pria yang akrab disapa dengan panggilan TRK ini, juga meminta Pemerintah Aceh agar membangun pelabuhan laut bertaraf Internasional di Aceh menggunakan dana DOKA, sehingga Aceh tidak perlu bergantung dengan daerah lain jika ingin melakukan kegiatan ekspor impor barang.

Ia juga meminta agar Pelabuhan Bebas Sabang difungsikan dengan sempurna. Begitu juga di wilayah pantai timur dan pantai barat Aceh, juga harus memiliki pelabuhan laut dengan sarana yang memadai.

“Dengan anggaran DOKA yang hampir habis pada tahun 2027 mendatang, Pemerintah Aceh harus mampu mengubah Aceh menjadi daerah produsen dan tidak melulu menjadi daerah konsumen,” tegas TRK.

Ia berharap DOKA harus mampu menjadikan Aceh sebagai daerah yang mandiri secara ekonomi, sehingga peningkatan kesejahteraan masyarakat akan lebih mudah dilakukan.

“Jadi, DOKA harus digunakan untuk kemajuan dan meningkatnya ekonomi di Aceh, Aceh harus mandiri ekonomi dengan dana ini,” pinta TRK.

PENULIS : FERIZAL HASAN (BANDA ACEH)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

info terkait

Penyerang Pos Polisi di Aceh Serahkan Diri ke Polisi

BANDA ACEH I ACEH INFO - Setelah melakukan berbagai tahapan yang melibatkan keluarga dan tokoh masyarakat, empat terduga pelaku penembakan Pos Polisi Panton Reu,...
info terkini
info populer
info random