24 C
Aceh

TERKINI

POPULER

© Jasa Web Design Banda Aceh : Creatv.id

Aceh Utara Catat Tiga Kasus Gejala Gagal Ginjal Akut pada Anak

LHOKSUKON | ACEH INFO – Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Aceh Utara mencatat tiga pasien mengalami gejala gagal ginjal di Aceh Utara meninggal dunia. Ketiga pasien tersebut sebelumnya sempat dirawat di Rumah Sakit Umum Zainal Abidin (RSUZA) Banda Aceh.

“Yang diketahui kasus dari Aceh Utara rujukan RSU Cut Mutia ke RSUZA sampai hari ini ada tiga kasus. Terakhir diinfokan ketiganya sudah meninggal dunia. Ketiganya awalnya dirawat di RSU Cut Mutia lalu dirujuk ke RSUZA untuk pengobatan selanjutnya, dan meninggal dunia dalam perawatan di RSUZA,” ujar Ketua IDI Aceh Utara, Harry Laksmana, Selasa, 25 Oktober 2022.

Menurut Harry, hingga saat ini pihak medis belum mengetahui penyebab dari gagal ginjal misterius tersebut. Pihak kesehatan juga masih mencari penyebab keterkaitan.

“Belum diketahui penyebab awalnya antara sakit awal dan pemberian obat Paracetamol sirup dan sebagainya sehingga terjadi keadaan mengarah kepada gagal ginjal akut pada anak,” kata Harry.

Harry mengimbau masyarakat untuk mengikuti anjuran mengonsumsi obat sesuai resep dokter. Dia juga berharap warga untuk berobat kepada ahlinta dan mengikuti imbauan pemerintah untuk tidak membeli obat sirup secara bebas. “Sampai ada pemberitahuan selanjutnya setelah ada informasi yang lebih pasti dan jelas berkaitan dengan penyakit gagal ginjal akut pada anak,” pungkas Harry.[]

PEWARTA: MAULIDI ALFATA

EDITOR: BOY NASHRUDDIN AGUS

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

MINGGU INI

© Jasa Web Design Banda Aceh : Gamiah