19.4 C
Aceh

TERKINI

POPULER

© Jasa Web Design Banda Aceh : Creatv.id

Ahli Waris Korban Banjir Aceh Tenggara dapat Santunan Rp15 Juta dari Mensos Risma

KUTA CANE | ACEH INFO – Menteri Sosial Tri Rismaharini menyerahkan santunan kepada tiga ahli waris korban banjir, masing-masing sebesar Rp15 juta. Santunan itu diserahkan Mensos saat mengunjungi lokasi terdampak banjir bandang di Desa Rambung Teldak, Kecamatan Darul Hasanah, Kabupaten Aceh Tenggara, pada Selasa, 8 November 2022.

Selain menyebabkan kerusakan infrastruktur dan rumah warga, banjir bandang Aceh Tenggara juga menelan tiga korban jiwa dari dua desa.

Dalam kunjungan tersebut, Kementerian Sosial memastikan kebutuhan logistik pengungsi banjir bandang terpenuhi.

Melalui Taruna Siaga Bencana (Tagana), Kemensos telah hadir sejak bencana terjadi dan membantu kebutuhan para penyintas bencana. Sesuai tugas dan fungsinya, Tagana mendirikan dapur umum di posko pengungsian Masjid Baiturrahim, Desa Rambung Teldak. Di sini, dapur umum mampu menyediakan hingga 3.000 nasi bungkus per hari.

“Tadi, teman-teman udah liat ya, ini pasokan makan untuk pengungsi per hari ini saja. Kita sudah bantu sejak Hari Kamis lalu. Kita ngga tau, dapur (Kemensos) ini akan kita adakan sampai kapan. Nanti sesuai permintaan Pak Bupati,” kata Mensos.

Didampingi Bupati Agara Raidin Pinim, Mensos menyapa personel Tagana yang tengah memasak makanan siap saji untuk jatah makan pengungsi sore dan malam hari. Dapur umum lapangan, dikatakan Mensos, dikelola oleh personel Taruna Siaga Bencana (Tagana) secara sistemik, tanpa perlu menunggu instruksi.

“Mereka relawan, mereka bukan aparatnya Pak Bupati, bukan aparat saya. Mereka relawan dan ada dimana-mana. Ketika terjadi bencana seperti ini, mereka pasti hadir dengan sendirinya, mereka datang karena panggilan hati, kerelaan hati,” ujar Mensos.

Sementara itu, Koordinator Dapur Umum Tagana di Rambung Teldak, Jamilun, saat ditemui, mengatakan pihaknya bersama 30 personel Tagana Agara telah berjibaku memenuhi kebutuhan pangan pengungsi di lokasi selama sepekan terakhir.

“Ini kami di sini, sejak Hari Kamis (3 November 2022). Dua hari pasca kejadian, kami langsung turun. Peran kami melayani kebutuhan warga, seperti mendirikan tenda, termasuk kebutuhan permakanan mereka. Ini sudah hari keenam, udah seminggu,” ucap pria berseragam coklat ini.

Menurut Jamil, Tagana juga menyediakan tiga ribu bungkus nasi dalam sehari untuk jatah tiga kali makan selama dua pekan ke depan.

Selain pasokan makanan melalui dapur umum Tagana, Kemensos juga telah menyalurkan bantuan yang dikirim dalam dua tahap melalui Sentra “Insyaf” di Medan, Sumatera Utara kepada Dinas Sosial Kabupaten Aceh Tenggara. Tahap pertama disalurkan sebesar Rp 119.425.300, dan tahap kedua disalurkan pada Minggu, 5 November 2022 lalu, dengan nilai sebesar Rp 305.600.250.

Terdapat pula bantuan untuk mendukung terlaksananya dapur umum senilai Rp 201.030.000 dan Bantuan Dukungan Lingkungan Pengungsian senilai Rp 6.770.000. Sehingga total bantuan yang diserahkan Kemensos mencapai Rp 677.825.550.[]

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

MINGGU INI

© Jasa Web Design Banda Aceh : Gamiah