Newspaper Theme
Newspaper Theme

INFO POPULAR

Air Terjun Alue Barat, Wisata Alam Bireuen yang Tersembunyi 

Sponsored by

BIREUEN I ACEH INFO – Bireuen yang dikenal dengan sebutan Kota Juang, kini terus berbenah. Geliat ekonomi masyarakat pun terus meningkat. 

Berbagai sektor terus berkembang. Baik sektor ekonomi, maupun sektor lainnya. Pariwisata juga mulai berkembang di kabupaten penghasil keripik pisang tersebut.

Sejumlah lokasi wisata juga terus dikembangkan. Baik wisata alam maupun berbagai sektor pariwisata lainnya. Namun masih ada juga lokasi wisata alam yang indah, tapi belum banyak diketahui masyarakat banyak. 

Kawasan wisata alam itu adalah air terjun yang sangat indah di Desa Alue Barat, Kecamatan Samalanga, Kabupaten Bireuen, Aceh.

Air terjun ini, merupakan salah satu wisata alam yang tersembunyi di kabupaten tersebut. Pasalnya, wisata air terjun yang sangat indah itu, belum banyak warga atau wisatawan yang mengetahuinya. 

Bahkan Pemerintah Kabupaten Bireuen sendiri belum mengembangkan lokasi wisata alam tersebut. Namun jalan menuju ke lokasi air terjun tersebut dapat dikatakan mulai membaik, sehingga mudah dilintasi kendaraan bermotor. 

Jaraknya dari jalan nasional Medan-Banda Aceh ke lokasi air terjun hanya sekitar 1,5 kilometer arah selatan jalan raya. 

Sedangkan dari pusat Kota Bireuen hanya berjarak sekitar 45 kilometer dan dapat ditempuh dengan waktu 30-45 menit dengan mobil atau sepeda motor.

“Dari jalan raya atau dari jalan nasional Medan-Banda Aceh, dengan kendaraan roda dua maupun roda empat, hanya butuh waktu sekitar 15-20 menit,” kata Balian, warga Desa Alue Barat.

Warga Desa Alue Barat dan sekitarnya berharap kepada Pemkab Bireuen maupun Pemerintah Aceh, untuk membangun fasilitas di lokasi wisata air terjun tersebut. 

“Jika wisata air terjun ini dikembangkan, tentu akan meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat,” harap Balian. 

PENULIS : FERIZAL HASAN 

 

 

Newspaper Theme

TERKINI