26.1 C
Banda Aceh
spot_img
spot_img

TERKINI

POPULER

© Jasa Web Design Banda Aceh : Creatv.id

Akademisi: Dugaan Korupsi di Baitul Mal Aceh Utara Sebagai Bentuk Pengkhianatan Syariat Islam

spot_img

ACEH UTARA | ACEH INFO – Kejaksaan Negeri (Kejari) Aceh Utara, telah menetapkan lima tersangka kasus dugaan korupsi pembangunan rumah duafa tahun 2021di Baitul Mal kabupaten setempat, total rumah dibangun 251 dengan anggaran Rp 11,2 miliar.

Pembangunan rumah duafa tersebut mulai dikerjakan 31 Agustus 2021 dengan jangka waktu 120 hari kalender seluruh rumah selesai dibangun. Namun masih ada rumah yang belum rampung 100 persen.

Akademisi Universitas Malikussaleh, Teuku Kemal Fasya mengatakan, dugaan kasus korpsi yang terjadi di lembaga Baitul Mal Kabupaten Aceh Utara, merupakan sebagai bentuk pengkhianatan Syariat Islam.

“Mereka ini kan megelola dana umat seperti, zakat, infaq, sedekah dan malah melakukan korupsi, apalagi ini berhubungan langsung dengan masyarakat, yaitu pembangunan rumah duafa. Maka ini bentuk pengkhianatan terhadap Syariat Islam,” ujar Kemal, Kamis, 8 September 2022.

Kemal menambahkan, Pj Bupati Aceh Utara, Azwardi Abdullah harus segera mencopot kelima tersangka itu dari jabatannya, agar bisa fokus dalam menyelesaikan persoalan hukum yang sedang dihadapinya.

“Kelima tersangka itu harus segera dicopot dari jabatannya, agar bisa fokus dalam upaya penyelesaian hukumnya dan apalagi ini persoalan korupsi,” tutur Kemal.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, pada tanggal 2 Agustus 2022, Kejaksaan Negeri Aceh Utara menetapkan lima orang tersangka dalam kasus dugaan korupsi pembangunan rumah duafa tahun 2021.

Kelima tersangka itu yakni Kepala Baitul Mal Aceh Utara, YI (43) berstatus non ASN. Kepala Sekretariat Baitul Mal Kabupaten Aceh Utara, ZZ (46), Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) berinisial M (49). Kemudian Ketua Tim Pelaksana RS (36), ketiganya berstatus ASN. Terakhir Koordinator Tim Pelaksana, berinisial Z (39) berstatus non ASN.

EDITOR: M. AGAM KHALILULLAH

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

MINGGU INI

© Jasa Web Design Banda Aceh : Gamiah