27.4 C
Banda Aceh
spot_img
spot_img

TERKINI

Alami Kecelakaan di Kapal Kargo, Warga Filipina Dievakuasi ke RSUZA

BANDA ACEH | ACEH INFO – Tim SAR melakukan operasi medevac terhadap satu crew kapal kargo HERTA yang mengalami kecelakaan kerja di seputaran perairan Teluk Benggala, Aceh Besar, Senin, 13 Maret 2023.

Kepala Kantor Basarnas Banda Aceh, Al Hussain, melalui keterangan tertulisnya, Selasa, 14 Maret 2023, mengatakan, awak kapal yang dievakuasi bernama Gillesfie Gasa Sta Ana, warga Filipina.

Ia menjelaskan, korban mengalami gangguan penglihatan dan pusing disertai sakit kepala, akibat terkena trail block rantai mesin bagian salah satu kapal yang terlepas dan menghantam pelipis/alis mata bagian kanan pada saat melakukan pengecekan dan pekerjaan pada bagian mesin kapal.

Kemudian, setelah mendapat laporan itu, hari ini (Selasa-red), sekitar Pukul 07.00 WIB, tim Rescue Basarnas Banda Aceh bersama tim SAR gabungan bergerak dari Pelabuhan Ulee Lheu menuju titik intercept/ titik temu menggunakan KN. SAR Kresna 232 untuk melakukan evakuasi medis terhadap korban.

Tim tiba dititik Medevac/ Kapal MV. HERTA pada Pukul 08.00 WIB, selanjutnya korban diperiksa oleh pihak karantina kesehatan KKP Banda Aceh serta pengecekan dokumen oleh pihak Imigrasi dan Bea Cukai.

“Proses evakuasi korban dilakukan hingga pukul 08.55 WIB, selanjutnya tim SAR gabungan bertolak kembali menuju Pelabuhan Ulee Lheue,” ujarnya.

Selanjutnya, pada pukul 09.40 WIB, KN SAR Kresna bersama Tim SAR Gabungan tiba di Pelabuhan Ulee Lheue, lalu korban direncanakan dievakuasi ke RSUD Zainal Abidin untuk penanganan medis lebih lanjut.

“Dengan berhasilnya korban dievakuasi dengan selamat, maka Ops SAR MEDEVAC dinyatakan selesai dan diusulkan untuk ditutup. Unsur SAR yang terlibat dikembalikan ke instansi organisasi masing-masing,” pungkasnya.

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS