27.9 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

POPULER

© Jasa Web Design Banda Aceh : Creatv.id

Alpukat Lokal Sabang Miliki Prospek untuk Dikembangkan

spot_img

SABANG | ACEH INFO – Sabang merupakan daerah wisata yang saban tahun dikunjungi turis mancanegara lantaran memiliki wisata bahari dan Tugu 0 Km. Selain memiliki destinasi wisata air, Sabang ternyata juga memiliki potensi agrowisata yang memiliki prospek bagus seperti Salak Sabang, alpukat dan aneka tanaman lainnya.

“Alpukat lokal Sabang memiliki tekstur buah tanpa serat warna kuning mentega yang sangat gurih dinikati dalam keadaan buah segar,” ujar Kepala UPTD Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan (BPSBTPHP) Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Aceh, Habiburrahman, S.TP, M.Sc di sela-sela melakukan kunjungan ke Sabang, Kamis, 22 September 2022.

Ikut serta dalam kunjungan tersebut, Tim Ahli Distanbun Aceh Amrullah, Kasie PSTPH Anwar, dan Koordinator Pengawas Benih Tanaman (PBT) Ridwan, Adi Canra serta Irvan.

Kunjungan tersebut juga dalam rangka finalisasi observasi pelepasan salak lokal Sabang menjadi salak unggul nasional.

Tim turut melakukan identifikasi potensi alpukat lokal yang selama ini sudah mulai berkembang di Sabang, dengan jumlah populasi tanaman mencapai 600 batang.

Menurut habib, Hasil identifikasi awal yang dilakukan Tim BPSB Aceh bersama Distanpang Kota Sabang menyimpulkan,  Alpukat Sabang menjadi salah satu varietas baru dan sangat berpeluang digarap untuk didaftarkan menjadi varietas unggul nasional. Dia mengatakan spesifik alpukat lokal Sabang untuk dataran rendah sudah mulai ditanam sejak 30 tahun lalu, tepatnya tahun 1992.

“Penanam pertama adalah almarhum Sumadi Suji, warga Gampong Cot Ba’U,” ujar Habib.

Selama ini, dari keterangan Alima, yang merupakan istri almarhum Sumadi Suji, hasil panen dijual dengan harga Rp 25 ribu per kilogram. Sementara dalam satu kilogramnya terdapat dua hingga tiga buah alpukat ketika ditimbang. ”Masa panen setahun sekali dengan kepemilikan 20 batang alpukat.”

Tim Ahli BPSB Aceh mengaku akan melakukan observasi lanjutan dengan melihat potensi alpukat Sabang tersebut. Amrullah mengatakan pihaknya juga akan melihat karakteristik batang, buah dan daun untuk menyusun deskripsi awal sebagai salah satu syarat pelepasan menjadi varietas unggul nasional.

“Harapan ke depan, Pemko Sabang bisa menjadikan lokasi agrowosata alpukat yang punya prospek bukan hanya untuk pemasaran buah, tapi bisa menjadi lokasi penangkaran benih alpokat dataran rendah,” ujar Amrullah.[]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

MINGGU INI

© Jasa Web Design Banda Aceh : Gamiah