29.4 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Amal Hasan: Tatakelola Perkebunan di Aceh Jaya Harus Diaktifkan

CALANG | ACEH INFO – Tatakelola perkebunan di Kabupaten Aceh Jaya harus segera diaktifkan agar seluruh potensi hasil perkebunan dan pertanian yang sedang tumbuh dapat memberikan nilai tambah dan secara maksimal menjadi daya dorong dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat.

Hal itu disampaikan ekonom dan mantan bankir, Amal Hasan, SE.MSi saat silaturahmi dengan para pelaku usaha, tokoh pemuda dan mahasiswa serta tokoh tokoh masyarakat di Kecamatan Pasie Raya, Jumat, 5 Mei 2023.

Silaturrahmi ke kecamatan Pasi Raya yang digagas oleh Forum Paguyuban Pemuda Pelajar Mahasiswa Aceh Jaya tersebut turut dihadiri tokoh tokoh masyarakat dan pengusaha diantaranya Ulul Azmi (pengusaha sawit), Zulfikri (pengusaha jagung), Dedi Heriadi (pengusaha pariwisata dan tokoh pemuda Karang Taruna), Maulidi (pengusaha peternakan), Mauli Harisman (pengusaha pertanian), T. Zurihal (tokoh pemuda penggiat seni budaya), Hidayat (tokoh muda dan Ketua Ikatan Mahasiswa Pelajar pasiraya), serta warga masyarakat lainnya.

Baca Juga: Saweu Gampong Amal Hasan Berbagi Kebahagiaan Bersama Anak Yatim

Amal Hasan yang juga Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Alumni Fakultas Ekonomi Universitas Syiah Kuala (Ikafensy) tersebut mengatakan dengan potensi lahan dan hasil perkebunan pertanian yang ada di kawasan Kecamatan Pasi Raya semestinya memberikan dampak yang berbanding lurus dengan peningkatan pendapatan petani dan masyarakat. Kawasan Pasi Raya ini memiliki bentang wilayah yang sangat luas dan mampu menghasilkan berbagai komoditas unggul di sektor perkebunan pertanian peternakan serta parawisata.

Sejak dulu Pasi Raya ini sudah menjadi magnet ekonomi di Kabupaten Aceh Jaya dengan berbagai hasil pertanian perkebunan yang seluruhnya melibatkan masyarakat setempat. Tapi sangat disayangkan ketika berbagai produk tersebut mampu diproduksi dalam skala besar oleh masyarakat namun sistem tatakelolanya tidak diaktifkan dan tidak berjalan dengan baik sehingga mekanisme pasar tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Amal Hasan menyarankan agar pemerintah daerah melakukan upaya yang lebih aktif mendorong terbentuknya asosiasi pertanian dan perkebunan di Aceh Jaya agar seluruh potensi yang ada dapat memberi manfaat kepada masyarakat,  terutama dalam pengendalian harga pasar produk produk yang dihasilkan agar tidak merugikan petani.

Baca Juga: 50 Tokoh dan Deklarator Aceh Jaya Dukung Amal Hasan jadi Kandidat Bupati

Dalam kegiatan silaturahmi dan diskusi dengan berbagai tokoh masyarakat Pasie Raya tersebut berbagai informasi masukan serta keluhan tentang isu isu ekonomi yang terjadi disana disampaikan kepada Amal Hasan yang merupakan salah satu putra terbaik Aceh Jaya dengan harapan seluruh potensi ekonomi yang ada dikawasan ini mampu menunjang kesejahteraan masyarakat secara menyeluruh dimasa depan.

“Saya melihat hampir diseluruh wilayah Pasi Raya bisa dikembangkan. Di samping perkebunan dan pertanian yang sudah berkembang di sana sektor peternakan dan pariwisata juga memiliki prospek dan potensi yang sangat menjanjikan. Ini hanya butuh sentuhan dan kehadiran pemerintah daerah lebih nyata untuk menjadikan kawasan pasiraya menjadi salah satu sentra ekonomi Aceh Jaya,” jelas Amal Hasan.

Mantan Direktur Bank Aceh ini optimis masa yang akan datang seluruh wilayah Aceh Jaya akan berpotensi menjadi magnet baru pengembagan ekonomi kawasan di wilayah Barat Selatan Aceh, jika dilakukan dengan sistem tatakelola yang baik, nantinya seluruh potensi yang ada disana akan dapat dinikmati hasilnya oleh masyarakat secara luas.

Baca Juga: Amal Hasan Siap Pimpin Aceh Jaya Ini Rekam Jejak Karirnya

“Untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat pada masa yang akan datang maka fondasi ekonomi daerah harus dibangun dan diperkuat dengan skala prioritas pada sektor sektor unggulan sesuai  potensi wilayahnya dan tentunya harus berbasis pada masyarakat dengan berbagai kearifan lokal yang ada,” tegasnya.

Amal Hasan juga berharap seluruh warga masyarakat dan berbagai stakeholder Aceh Jaya bisa bersama-sama bersinergi dan saling terintegrasi dalam membangun masa depan dengan fokus pada penguatan fondasi ekonomi  secara terpadu, terstruktur dan berkelanjutan dalam visi misi yang sama, yaitu menuju kejayaan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Aceh Jaya.[]

Baca Juga: Bank Aceh Saweu Syedara Gelar Bakti Sosial di Beutong Ateuh

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS