32.3 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Ancaman Varian Baru, Jokowi Perintahkan Vaksinasi Covid Lagi di Akhir Tahun

JAKARTA|ACEHINFO-Presiden Joko Widodo memerintahkan Kementerian Kesehatan untuk kembali menggelar vaksinasi Covid-19 pada akhir tahun ini. Hal itu untuk mengantisipasi varian baru yang terus bermunculan.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, presiden mengarahkan agar pihaknya kembali mengencarkan vaksinasi akhir tahun ini.

“Tadi kita diskusi dan arahan Bapak Presiden, nanti rencananya di akhir tahun kita akan melakukan vaksinasi (kembali). Terutama diarahkan bagi golongan yang memang imunitasnya rendah,” ujar Budi, usai rapat terbatas evaluasi PPKM di Kantor Presiden, Selasa (25/8).

Dia menjelaskan, sebelum pelaksanaan vaksinasi tersebut Kemenkes akan melakukan sero survei terlebih dahulu. Tujuannya untuk melihat lagi daerah-daerah mana yang masyarakatnya sudah menurun kadar imunitasnya.

Selain itu, sero survei juga bertujuan mencari tahu individu golongan mana saja yang kadar imunitasnya sudah turun.

Lebih lanjut Budi menjelaskan program vaksinasi ini dilakukan Kemenkes untuk meningkatkan imunitas populasi dalam menghadapi potensi gelombang berikutnya.

“Nanti kita akan sangat selektif memilih daerah-daerah yang memang imunitasnya rendah. Karena sebelumnya kita akan melakukan sero survei dulu,” ungkap Budi.

Dia menambahkan, kebijakan vaksinasi kembali ini dipilih karena hasil riset sudah menunjukkan penyebab penularan Covid-19 di Indonesia saat ini cukup landai.

“Karena memang ya tinggi sekali ya imunitas populasi masyararakat Indonesia. Jadi 98,5 persen masyarakat sudah memiliki kadar proteksi 2.000 unit/mililiter,” tambahnya.[]

 

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS