28.1 C
Banda Aceh

TERKINI

POPULER

Anies Bakal Jadi Tumbal ‘Ghosting’ NasDem?

spot_img

JAKARTA|ACEHINFO-Calon Presiden Anies Baswedan dinilai hanya dimanfaatkan Partai NasDem untuk menaikkan elektabilitasnya sendiri. Anies diminta tak hanya berharap pada Surya Paloh untuk dicalonkan partai politik dan maju sebagai calon presiden di Pemilu 2024 mendatang.

Hal itu disampaikan Direktur Eksekutif Kajian Politik Nasional (KPN) Adib Miftahul. Menurutnya berdasarkan hasil survei, safari politik yang dilakukan Anies ke sejumlah daerah, yang mendapatkan berbagai kontroversi dan kecaman, tak serta merta menaikan elektabilitasnya. Elektabilitas justru didulang NasDem yang telah lebih dulu mendeklarasikannya sebagai Cawapres yang bakal mereka usung.

“Kenapa nggak guna? Kalau dia nggak dapat tiket, NasDem nggak bisa koalisi, dan NasDem bisa didikte sama partai lain, mau apa Anies? Itulah yang sering saya katakan. Anies rawan terganjal,” katanya seperti dilansir Suara.com, Rabu (14/12).

Pendapat ini didasarkan pada wewenang yang diberikan Partai NasDem dan ketua umumnya, Surya Paloh, kepada Anies. Yang dimaksud adalah wewenang Anies untuk memilih sendiri calon wakil presidennya.

Namun hal ini dinilai mengalami kebuntuan, sebab ada tarik ulur kepentingan antarpartai calon koalisi terkait pendamping Anies.

“Ternyata yang dibicarakan Surya Paloh soal koalisi. Anies sebagai capres, cawapresnya siapapun itu, ternyata nggak semudah itu. Ternyata sampai hari ini mengalami kebuntuan,” ungkap Adib.

Malah wacana pembentukan Koalisi Perubahan bisa jadi akan semakin sulit terealisasi. Pasalnya dinamika politik begitu cair dan intensitas persaingan antarpartai juga semakin meningkat, atau dengan kata lain ada banyak tikungan yang bisa menghambat pembentukan Koalisi Perubahan.

Fokus pada Koalisi Perubahan, menurut Adib, saat ini ketiga partai justru sedang mengalami deadlock akibat kepentingan dari masing-masing pihak, terutama untuk menentukan cawapres pendamping Anies.

“Saya kira kalau bicara hari ini, deadlock sebenarnya. Belum menghasilkan keputusan yang berarti. Semuanya masih saling beradu kepentingan dan tidak sepakat,” kata Adib.

Karena itulah Adib mendorong Anies tidak hanya bergantung kepada Paloh dan Partai NasDem. Kalau bisa lakukan juga safari ke ketua-ketua partai ketimbang fokus meraih simpati akar rumput.

“Makanya saya bilang, Anies juga harus mendekati elit-elit partai. Jadi kalau safari ke grassroot terus begini, menurut saya yang kental diuntungkan hanya Nasdem,” usul Adib.[]

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

MINGGU INI