25.6 C
Banda Aceh
spot_img
spot_img
spot_img

TERKINI

POPULER

© Jasa Web Design Banda Aceh : Creatv.id

Antara Parlok dan Ie Leuhop

spot_img

Oleh: De Jong Atjeher

Aceh punya kelebihan dalam demokrasi dibandingkan dengan daerah lain, Aceh punya partai lokal alis Parlok. Tapi, hingga kini pemainnya masih itu-itu saja. Belum ada hal yang baru, masih meunan-meunan laju.

Kekhususan Aceh dengan adanya Parlok ini seharusnya bisa dimanfaatkan untuk membangun demokrasi yang sehat di Aceh. Tapi dalam prakteknya kita lihat, Parlok di Aceh masih belum punya sesuatu yang wah.

Bila kita dalami dan telusuri, nyaris tak ada Parlok yang benar benar menawarkan hal hal baru. Tidak ada yang membuat kita melirik. Tidak ada memberi sesuatu yang baru. Parlok di Aceh masih tanpa arah, belum mampu menawarkan solusi untuk keluar dari keterpurukan, hingga kini Aceh masih pemegang rekor sebagai daerah termiskin di Sumatera.

Munculnya partai politik lokal baru di Aceh, seharusnya bisa menawarkan hal-hal baru yang solutif untuk pembangunan Aceh. Menawarkan sesuatu yang bisa menarik bagi pemilih, terutama kaum milenial sebagai pemilih potensial.

Kaum muda Aceh kayaknya memang ka putoh asa, sehingga mereka tisak muncul kepermukaan. Padahal mereka secara pendidikan lebih. Generasi tua yang sudah meutap uyab masih terus ingin berkuasa. Kaum muda tak berani merebutnya.

Jangan ada rencana bah meunan jih keudeh. Apatisme yang meluas akan merugikan mereka. Sebab kaum politisi tua sudah jelas gagal. Meunyo han trok cet ngon buloh, dong jioh, peupo geulawa, kekuasaan harus direbut oleh kaum muda untuk membawa perubahan kea rah yang lebih baik. Kaum muda Aceh harus optimis, karena masa depan milik mereka.

Aceh hari ini dengan segala permasalahannya, tidak mungkin bisa diuraikan dan diselesaikan oleh kaum tua yang sudah gagal. Dan politiklah yang mengatur semua. Semua lini kehidupan dipengaruhi dan diatur denagn politik, makanya kaum muda tidak boleh buta politik.

Kaum muda Aceh harus terjun langsung dalam berbagai partai politik, terutama dalam partai politik lokal, untuk membawa perubahan Aceh ke arah yang lebih baik, meunyoe kon ie manduk leuhop, meunyoe kon droe man teuh mandum gob. Munculnya banyak partai politik lokal di Aceh itu bagus, tapi kalau ujung-ujungnya hanya untuk peurayoek tumpok kon lagi untuk peuluwah pake, jelas itu tidak konstruktif. Dan Aceh akan selamanya seperti ini. Makanya, jadilah anak muda yang membawa perubahan.[]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
spot_img

MINGGU INI

© Jasa Web Design Banda Aceh : Gamiah