25.2 C
Banda Aceh

TERKINI

POPULER

Argentina Sang Juara

spot_img

ARGENTINA berhasil meraih tropy Piala Dunia 2022 usai membungkam Prancis lewat duel adu penalti di laga final pada Minggu, 18 Desember 2022 malam. Lionel Messi cs akhirnya menuntaskan asa para pendukung Argentina yang terakhir merebut gelar juara Piala Dunia pada tahun 1986.

Laga pamungkas Piala Dunia 2022 dihelat di Lusail Stadium, Qatar. Dalam laga itu, Tim Tango berhasil unggul lebih dulu lewat gol Lionel Messi di titik 12 pas pada menit 23. La Abiceleste kembali memperbesar kemenangan setelah Angel Di Maria menerobos gawang yang dikawal Hugo Lloris di menit 36.

Tertinggal 0-2, para pemain Les Bleues bangkit untuk mendobrak pertahanan lawan. Serangan demi serangan dilancarkan secara agresif hingga beberapa para pemain dari kedua kesebelasan harus tersuruk di lapangan hijau.

Prancis akhirnya lebih leluasa dalam menciptakan serangan usai pelatih Argentina, Lionel Scaloni, mengganti Di Maria dengan Marcos Acuna. Daya dobrak tim berjuluk ayam jantan itu kian membahayakan usai Randal Kolo Muani dan Kingsley Coman dimasukkan di lini depan. Alhasil, Mbappe berhasil memperkecil ketertinggalan gol Prancis pada menit 80 babak kedua lewat tendangan pinalti.

Tak butuh waktu lama, Mbappe yang haus gol dan bersaing sebagai top skor di Piala Dunia 2022 dengan Messi, kembali mencetak gol lewat tendangan voli di muka gawang Argentina pada menit 81. Dua gol beruntun tersebut membuat napas para pendukung Timnas Prancis dapat sedikit lega.

Baca juga: Wajah Murung Mbappe Si Pencetak Gol Terbanyak Piala Dunia 2022

Skor 2-2 di akhir babak kedua tersebut membuka kesempatan bagi Prancis untuk meraih gelar Piala Dunia. Saling serang dan adu strategi pun dimainkan oleh kedua kesebelasan di dua kali babak tambahan waktu. Argentina berhasil mencuri satu gol dalam babak ekstra time pertama lewat gol Messi di menit 108. Namun, Kylian Mbappe yang haus akan gelar kembali menyamakan kedudukan lewat golnya di menit 118. Skor 3-3 bertahan hingga peluit panjang ditiup wasit.

Alhasil skor imbang itu memaksa keduanya melanjutkan duel lewat adu pinalti. Kylian Mbappe menjadi penendang pertama timnas Prancis saat adu penalti. Bola hasil tendangannya tidak berhasil ditepis kiper Emiliano Martinez, meski dirinya sudah bisa menebak arah sepakan Mbappe.

Lionel Messi juga menjalankan tugasnya dengan sangat baik sebagai penendang pertama adu penalti. Sementara Kingsley Coman sebagai penendang kedua Prancis justru gagal menjalankan tugasnya. Bola hasil tendangannya bisa ditepis Martinez.

Hasil akhir dua penendang timnas Prancis gagal. Empat eksekutor timnas Argentina bisa mendaratkan bola ke dalam gawang yang dikawal kiper Hugo Lloris. Skor akhir, Argentina bisa menang dengan skor 4-2 atas Lloris dan kawan-kawan.

Kemenangan ini membuat Argentina telah tiga kali tercatat sebagai juara Piala Dunia. La Abiceleste pertama kali meraih gelar juara pada tahun 1978 ketika Piala Dunia dihelat di negara mereka. Gelar kedua diraih Tim Tango pada tahun 1986 ketika berhasil mengalahkan Jerman Barat dengan skor 3-2.

Argentina telah memenangkan lebih banyak babak adu penalti dibandingkan negara mana pun dalam sejarah Piala Dunia. Laga antara Argentina versus Prancis pada Piala Dunia 2022 menjadi kemenangan keenam mereka yang harus ditentukan lewat titik putih. Argentina juga tercata sebagai tim nasional ketiga yang memenangkan adu penalti di partai final Piala Dunia, setelah Brazil pada tahun 1994 dan Italia pada 2006. Felicidades a Argentina![]

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

MINGGU INI