26.1 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

POPULER

ASN Banda Aceh Diminta Berhenti Kerja Saat Azan

BANDA ACEH|ACEHINFO-Seluruh aparatur sipil negara (ASN) Pemerintah Kota Banda Aceh diminta untuk menghentikan semua aktivitas kantor saat azan berkumandang dan langsung melaksanakan salat. Terutama saat zuhur dan asar setiap hari kerja.

Pernyataan itu ditegaskan Penjabat Wali Kota Banda Aceh, Bakri Siddiq, ketika memimpin apel gabungan perdana yang diikuti seluruh ASN di halaman balai kota, pada Senin, 18 Juli 2022.

“Jangan pas rapat, saat azan kita berhenti sejenak, lalu lanjut lagi setelah azan. Rapat bisa dilanjutkan setelah kita melaksanakan salat berjamaah,” kata Bakri, dalam keterangan tertulis, pada Selasa, 19 Juli 2022.

Tidak hanya itu, orang nomor satu di Kota Banda Aceh ini menyampaikan, sejumlah program prioritas dan kebijakan pembangunan 2022-2023, di antaranya penegakan syariat Islam, reformasi birokrasi, pemberdayaan ekonomi, dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

“Agar sukses, dibutuhkan kerja sama dan koordinasi yang baik antar SKPK (Satuan Kerja Pemerintah Kota),” ujarnya,

Mantan Kabiro Perencanaan dan Kerja Sama Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) itu juga menekankan, pandemi Covid-19 telah menyebabkan kemerosotan ekonomi di segala sektor. Oleh karena itu, wabah tersebut harus terus diwaspadai.

Hal ini mengingat dalam beberapa hari terakhir, kasus Covid-19 yang sempat melandai mulai terjadi lagi. Di Kota Banda Aceh sendiri, dikatakannya, tercatat sudah ada lima orang yang terdeteksi positif.

“Untuk itu, kita harus menerapkan protokol kesehatan pencegahan,” ujarnya.

Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang belum mencapai target ikut disinggung Bakri. Ia menilai, dana tersebut berpengaruh pada kemampuan keuangan daerah. Salah satunya pembayaran tunjangan pegawai yang masih tertunda.

“Ini akan kita realisasikan bila perekonomian pulih dan Banda Aceh keluar dari ancaman resesi pasca pandemi,” ucapnya.

Namun begitu, selaku ASN dituntut untuk tetap berkerja keras dan inovatif demi kepentingan masyarakat. Terkait tambahan penghasilan pegawai (TPP) dan honor perangkat gampong, ia akan usahakan dalam waktu dekat akan segera terealisasi.

“Dalam minggu pertama bulan Agustus depan dapat direalisasikan,” imbuh Bakri.

Selanjutnya, terkait dengan implementasi pelaksanaan syariat Islami, Pj wali kota meminta SKPK, camat, keuchik, dan seluruh ASN untuk mengikuti safari subuh setiap Sabtu dan Minggu yang diinisiasinya.

“Mari kita makmurkan 100 lebih masjid yang ada di Banda Aceh dengan salat subuh berjamaah,” kata Bakri.

Terakhir, ia menginstruksikan ASN untuk meningkatkan kedisiplinan dan fokus ke arah kebijakan pembangunan 2022-2023. Semua ASN dikatakannya, harus disiplin dengan masuk kantor pukul 08.00 WIB.

“Tolong ini diawasi pak sekda, agar dengan suasana pagi kita bisa berpikir lebih positif dan berkerja lebih kreatif,” tutup Pj wali Kota Banda Aceh.[]

PEWARTA: MUHAMMAD

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

MINGGU INI