28.2 C
Banda Aceh

TERKINI

POPULER

Bamsoet: Apakah Rakyat Ingin Jokowi Jadi Presiden Lagi?

spot_img

JAKARTA|ACEHINFO-Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menilai keinginan masyarakat agar Joko Widodo kembali menjadi presiden semakin terlihat. Hal itu katanya bukan isapan jempol semata, melainkan sesuai dengan hasil survei sejumlah lembaga.

Menurutnya tingkat kepuasan publik kepada Jokowi cukup tinggi. Ini membuktikan bahwa masyarakat masih simpatik kepada mantan wali kota Solo itu.

“Kemudian kita sama-sama tahu deras sekali pro kontra di masyarakat, ada yang memperpanjang, ada yang mendorong tiga kali. Tapi terlepas itu, saya sendiri ingin tahu keinginan publik yang sebenarnya ini apa?,” kata Bamsoet seperti dikutip Suara.com Jumat, (9/12).

Berdasarkan hasil survei Poltracking Indonesia sebanyak 73,2 persen publik puas terhadap kinerja pemerintahan Jokowi dan Ma’ruf Amin.Bamsoet mengaku penasaran dengan hasil survei tersebut. Bahkan dia mempertanyakan apakah hasil kepuasan publik itu punya korelasinya dengan isu Jokowi tiga periode.

“Apakah kepuasan ini ada korelasinya dengan keinginan masyarakat, beliau tetap memimpin kita melewati masa transisi ini?,” sambungnya.

Bambang berpendapat bahwa, penilaian publik tersebut tidak sekonyong-konyong cek kosong. Hal ini mungkin tak terlepas dari kinerja yang sudah bangun pemerintahan Jokowi-Ma’ruf.

Banyak pencapaian yang ditorehkan pemerintah, bahkan diapresiasi oleh negara lain. Dia mencontohkan prestasi pemerintah diantaranya penanganan pandemi Covid-19, penanganan bencana hingga pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang mendapatkan pujian dari banyak negara.

“Apakah ada korelasinya antara keinginan besar masyarakat untuk lebih lama dipimpin Pak Jokowi atau ini hanya kepuasan yang memang puas terhadap kinerja hari ini,” tanyanya.

Sesuai dengan konstitusi Jokowi memang tak boleh mencalonkan diri atau dipilih kembali sebagai presiden. Sebab dia sudah dua kali berturut-turut menjabat sebagai presiden dan akan mengakhiri masa jabatannya pada 2024 mendatang. Jika pun ingin mendorong Jokowi kembali menjadi presiden, pasal di Undang-undang Dasar 1945 yang mengatur masa jabatan presiden harus diamandemen.

Jokowi sendiri kerap menolak dengan wacana dia menjabat sebagai presiden selama 3 periode. Namun dia mengaku taat konstitusi. “Saya taat kepada konstitusi. Asal sesuai dengan konstitusi saya ikuti,” katanya dalam beberapa kesempatan. []

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

MINGGU INI