24.7 C
Banda Aceh

TERKINI

POPULER

Banda Aceh Car Free Day: Kegiatan Positif di Minggu Pagi

BANDA ACEH | ACEH INFO – Minggu menjadi momen yang selalu ditunggu-tunggu oleh masyarakat Banda Aceh untuk melepas penat dari segala rutinitas dan kesibukan sepanjang pekan. Salah satunya dengan bertandang ke lokasi Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau akrab dengan sebutan Banda Aceh Car Free Day (CFD).

Kegiatan ini dihelat di sepanjang badan jalan Teungku Daud Beureueh dari Simpang Jambo Tape hingga Simpang Lima Kota Banda Aceh. Hampir dua tahun, Banda Aceh Car Free Day ditiadakan lantaran aturan larangan keramaian yang diterapkan pemerintah Pusat. Kini, kegiatan tersebut kembali dibuka setiap pekannya, sejak Juni 2022 lalu oleh Pemerintah Kota Banda Aceh.

Ada banyak kegiatan yang dapat dilakukan di Banda Aceh Car Free Day seperti senam, jalan santai, kumpul komunitas hingga wisata kuliner. Selain itu, terdapat pula acara dan kegiatan menarik yang berbeda pada setiap minggunya, mulai dari panggung hiburan, pojok vaksinasi dan imunisasi, posko donor darah, permainan hingga perlombaan yang diadakan oleh berbagai komunitas dan instansi.

Seperti acara-acara keramaian di Aceh lainnya, Banda Aceh Car Free Day yang dimulai sejak pukul 06.30 WIB hingga pukul 10.00 WIB itu juga disemarakkan dengan deretan tenda pedagang Unit Mikro Kecil Menengah (UMKM). Tenda-tenda itu berderet di sepanjang badan jalan bak pameran pembangunan yang dulu rutin diadakan setiap HUT TNI atau HUT RI, di Aceh.

Banda Aceh Car Free Day: Kegiatan Positif Di Minggu Pagi

Sebagian besar tenda para pelaku UMKM tersebut mejajakan berbagai macam kuliner, mulai dari kue tradisional, dessert kekinian, minuman hingga makanan berat yang bervariasi jenisnya. Untuk mencicipi berbagai penganan di sini, pengunjung hanya perlu merogoh kocek mulai dari Rp5 ribu hingga Rp30 ribuan saja.

Nadila, warga Banda Aceh yang menyambangi area Car Free Day pada Minggu, 2 Oktober 2022, salah satunya yang mengaku mendatangi lokasi tersebut hanya untuk jajan kudapan.

“Tujuan kami ke CFD tiap minggu pagi biasanya emang buat kulineran aja, karena ada banyak makanan enak yang dijual di sini,” kata Nadila.

Hal serupa disampaikan Dara, pengunjung lainnya. Ia mengaku sengaja bangun pagi hanya untuk mencoba beberapa jenis penganan unik dengan harga terjangkau yang tersedia di Banda Aceh Car Free Day.

“Sering ada makanan-makanan unik yang jarang saya temui di sini. Harganya juga pas di kantong mahasiswa, makanya saya selalu excited mengunjungi CFD ini tiap minggunya,” papar Dara.[]

PEWARTA: CUT KHAYLA ZAHRA

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

MINGGU INI