Newspaper Theme
Newspaper Theme

INFO POPULAR

Banjir Bandang Kembali Terjang Aceh Tenggara

Sponsored by

KUTACANE I ACEH INFO – Banjir yang melanda Provinsi Aceh kini semakin meluas. Kini bencana alam tersebut menerjang Kabupaten Aceh Tenggara.

Curah hujan dengan intensitas tinggi di wilayah Kabupaten Aceh Tenggara, mengakibatkan meluapnya air Sungai Lawe Kinga, sehingga mengakibatkan banjir bandang.

Berdasarkan data yang diperoleh Acehinfo.id dari Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Kamis (6/1/2022), akibat banjir bandang di Aceh Tenggara, terendamnya ratusan rumah penduduk di sejumlah kecamatan. 

Selain itu, satu unit sekolah yaitu SD Negeri Pinding juga ikut terendam lumpur. Tidak hanya itu, Pondok Pesantren Nurul Islam ikut direndam banjir dan berlumpur.

Banjir juga disebabkan oleh jebolnya tanggul Sungai Lawe Tuban sepanjang 400 meter. Begitu juga tanggul Sungai Lawe Kinga Desa Buah Pala juga jebol sepanjang 500 meter dan tanggul Sungai Lawe Kinga Desa Buah Teger Miko sepanjang 1 km.

Akibat banjir bandang tersebut, juga mengakibatkan jembatan penghubung Desa Buah Pala dan perkebunan masyarakat rusak berat. Begitu juga 2 unit rumah warga juga rusak berat. Jalan putus di Desa Kutambaru Bencawan. 

Dua unit rumah rusak berat di Desa Teger Miko dan satu unit rumah rusak sedang. Selain itu satu unit rumah rusak berat di Desa Pinding dan satu unit di Desa Kuning. 

Saat ini BPBD Kabupaten Aceh Tenggara telah menjadi anggota TRC di lokasi dan di 7 unit alat berat untuk melakukan perbaikan tanggul yang jebol dan membersihkan lumpur serta gelondongan kayu yang dibawa banjir.

PENULIS : FERIZAL HASAN 

Newspaper Theme

TERKINI