24.7 C
Banda Aceh

TERKINI

POPULER

Bantuan Dana UMKM Bantu Ringankan Masyarakat di Desa Geulanggang Gampong Bireuen

Fatma Zahara, Mahasiswa Jurusan Ilmu Politik (FISIP), Universitas Syiah Kuala

Artikel 

BIREUEN I ACEH INFO – Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yaitu kemampuan sektor yang menjadi dasar utama ekonomi di Indonesia.

Mengingat peran strategis UMKM dan masih terbatasnya kemampuan UMKM untuk berkembang, maka saat ini pengembangan usaha kecil merupakan salah satu strategi yang diambil Pemerintah dalam rangka pertumbuhan ekonomi.

Di Aceh sendiri khususnya di Kabupaten Bireuen hampir setiap desa mendapatkan bantuan dana UMKM untuk membantu meringankan beban usaha yang dimiliki oleh beberapa penduduk desa. 

Terkhususnya di Desa Geulanggang Gampong, Kecamatan Kota Juang, Bireuen. Tidak sedikit masyarakat desa yang telah menerima modal dana UMKM pada beberapa tahap. Dana UMKM yang diberikan berupa uang sejumlah Rp 1,2 juta per KK (Kartu Keluarga) yang memiliki usaha kerja mandiri.

Pemberian modal dana UMKM tersebut adalah untuk membantu masyarakat desa dalam menjalankan usaha yang telah didirikan. Dengan bantuan modal dana tersebut pemerintah bertujuan untuk mendukung dukungan masyarakat desa dalam mencari nafkah dan meringankan beban yang dimiliki oleh masyarakat desa. 

UMKM memiliki suatu potensi yang sangat baik dalam mengembangkan penanggulangan masalah perekonomian, karena dari apa yang telah dilihat bahwa UMKM merupakan sektor yang memiliki kontribusi yang besar dalam pendapatan tenaga kerja, yaitu lebih dari 99,45% tenaga kerja.

Sehingga upaya yang dilakukan untuk memajukan serta mengembangkan sektor UMKM akan dapat mengairi lebih banyak lagi tenaga-tenaga kerja yang ada. Dan dari hal itu, tentu saja akan dapat meningkatkan kesejahteraan para pekerja yang terlibat. 

Hal tersebut berguna untuk mengurangi kemiskinan dan dapat mengurangi angka-angka gerakan yang ada. Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) juga sebagai salah satu Upaya Penanggulangan Kemiskinan di Indonesia.

PENULIS : Fatma Zahara, Mahasiswa Jurusan Ilmu Politik (FISIP), Universitas Syiah Kuala

EDITOR : FERIZAL HASAN 

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

MINGGU INI