27.1 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Begini Cara Masyarakat Aceh di Malaysia Merayakan Lebaran Idulfitri

LHOKSEUMAWE | ACEH INFO – Pemerintah telah menetapkan 1 Syawal 1443 Hijriah jatuh pada Senin, 2 Mei 2022. Artinya besok seluruh umat muslim di seantero bumi merayakan hari kemenangan, yaitu Hari Raya Idul Fitri.

Sebagai daerah yang mayoritas berpenduduk muslim, tentu saja hari raya Idulfitri dirayakan dengan sangat meriah bagi warga Aceh, bahkan bagi para diaspora di Malaysia.

Secara umum, warga Aceh saat merayakan  Idul Fitri di Negeri Jiran tersebut tidak jauh berbeda ketika berada di kampung halamannya. Mereka berkumpul bersama keluarga dan menyantap hidangan makanan lezat khas hari raya.

Ketua Persatuan Aceh di Malaysia, Bukhari mengatakan, suasa meugang mulai terasa bagi masyarakat Aceh yang sedang berada di Malaysia, meskipun otoritas setempat belum menyampaikan kapan jatuhnya Hari Raya Idul Fitri.

“Di sini memang suasana meugang mulai terasa, tetapi pihak otoritas setempat belum menyampaikan kapan Hari Raya Idul Fitri, menurut kabar yang kami terima nanti sore baru disampaikan,” ujar Bukhari ketika dihubungi melalui telepon seluler, Minggu pagi, 1 Mei 2022.

Bukhari menambahkan, di saat hari meugang sebagian masyarakat Aceh juga menjual daging atau dalam bahasa Aceh disebut seumeusie. Namun, daging sapi itu tetang dijual kepada sesama orang Aceh, sebagian juga ada yang dijual kepada penduduk Malaysia.

Begitu juga saat lebaran tiba, sebagian masyarakat Aceh di Malaysia menyelenggarakan Open House bagi sesama warga Aceh, sehingga dijadikan sebagai momentum untuk saling bersilaturahmi.

“Bagi warga Aceh yang memiliki rezeki yang lebih, maka ada juga yang menyelenggarakan Open House dan mengundang warga Aceh lainnya untuk saling bersilaturahmi, sambil menikmati kue khas hari raya,” kata Bukhari.[]

PEWARTA: MUHAMMAD AGAM KHALILULLAH
EDITOR: BOY NASHRUDDIN AGUS

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS