24.7 C
Banda Aceh

TERKINI

POPULER

Begini Strategi Bakri Siddiq Tingkatkan PAD Banda Aceh

BANDA ACEH | ACEH INFO – Pemerintah Kota Banda Aceh akan melakukan assesment keseluruhan terhadap potensi objek pajak dan retribusi daerah. Selain itu, pemberlakuan tapping box bagi seluruh objek pajak hotel, restoran, dan rumah makan/kafe juga menjadi salah satu strategi Pj Wali Kota Bakri Siddiq dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Banda Aceh.

Hal tersebut disampaikan Bakri Siddiq dalam sidang paripurna terkait penjelasan terhadap usulan serta saran Badan Anggaran (Banggar) dan Pandangan Umum anggota DPRK Banda Aceh, Jumat, 30 September 2022. Sidang tersebut dipimpin Wakil Ketua DPRK Banda Aceh Isnaini Husda dan didampingi Ketua DPRK Farid Nyak Umar serta Wakil Ketua Usman.

Strategi lain yang bakal dilakukan Pemerintah Kota Banda Aceh adalah dengan menerapkan retribusi parkir melalui sistem non tunai. Pemko Banda Aceh akan kembali bekerjasama dengan pihak ketiga pada area parkir tertentu atau keseluruhan area parkir.

Bakri Siddiq dalam sambutannya juga mengatakan Pemko bakal mengkaji pembayaran retribusi sampah terintegrasi dengan pembayaran PDAM atau pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). “Kemudian melakukan monev secara rutin terhadap capaian realisasi PAD,” katanya.

Selanjutnya, Pemerintah Kota Banda Aceh juga akan melakukan assesment secara menyeluruh pada APBK Tahun Anggaran 2023 dengan melibatkan lembaga independen, yang mampu mengukur potensi PAD. “Sehingga dapat dijadikan alat ukur dalam hal penetapan target PAD di masa yang akan datang,” katanya.[]

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

MINGGU INI