29.6 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

POPULER

Bertemu Sandiaga Uno, Ini Harapan Wakil Bupati Aceh Utara 

JAKARTA I ACEH INFO – Wakil Bupati Aceh Utara, Fauzi Yusuf menemui Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno usai mengikuti forum diskusi TEMPO Bilateral Forum (FGD), di Hotel The Langham Ball Room, Jakarta, Kamis 12 Mei 2022.

Disela-sela FGD bertema “Tempo Bilateral Forum” (Tempo Global Dialogue for Sustainability Economics) sesi ketiga “Economic Recovery Though Tourism and Manufakturing”, Fauzi Yusuf menemui Sandiaga Uno.

Dalam kesempatan itu, Fauzi Yusuf didampingi Kabag Humas Setdakab Aceh Utara, Hamdani, M.Sos, menyampaikan perlunya promosi, pengembangan dan pembangunan infrastruktur halal tourism (wisata religi) yang ada di Kabupaten Aceh Utara.

Selanjutnya, Fauzi Yusuf yang akrab disapa Sidom Peng itu menyebutkan, objek wisata tersebut antara lain seperti wisata religi Museum Islam Samudra Pasai yang terletak di Gampong Beuringen Kecamatan Samudera Kabupaten Aceh Utara.

“Dimana destinasi wisata ini mengandung sejarah kejayaan kerajaan Samudra Pasai yang dipimpin oleh Sultan Malikussaleh dikenal dengan raja yang bijaksana dan alim saat itu,” katanya.

Kini sejarah tersebut ditandai dengan situs makam beliau, anak dan cucu beliau (keluarga Sultan) serta para menterinya sebagai penerus kerajaan setelah beliau wafat.

“Selain itu juga ada makam Pahlawan Nasional Cut Meutia di kawasan pegunungan Aceh Utara,” kata Fauzi Yusuf.

Sementara itu, Sandiaga Uno merespon positif terkait informasi yang disampaikan oleh orang nomor dua di Aceh Utara itu. Bahkan, Sandiaga Uno berjanji bulan depan akan berkunjung ke Aceh.

Wakil Bupati Aceh utara diundang khusus oleh Tempo Media pada even bergengsi itu. Acara tersebut digelar dalam rangka Presidensi G20 ke-17 yang akan berlangsung pada Oktober 2022 mendatang di Bali.

“Acara tersebut bertujuan memberikan wawasan tentang kebijakan dan kerjasama bilateral sesama negara G20 terkait dengan usaha kecil dan menengah (UKM), perbankan, pariwisata, dan industri manufaktur,” ungkap Kabag Humas.

Secara terpisah, Ketua Center for Information of Samudra Pasai Heritage (CISAH), Abd Hamid didampingi Wakil Ketua, Sukarna Putra menyampaikan harapannya terkait perhatian yang ditunjukkan Sandiaga Uno.

Pihaknya menyambut gembira tanggapan Bapak Menteri Sandiaga Uno. Ia menyampaikan dalam waktu dekat, pihaknya bersama Museum Islam Samudra Pasai akan menerima kunjungan tim Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Aceh-Sumut pada Rabu mendatang (18/5/2022).

“Tim Kementerian dan Kepala BPCB Aceh-Sumut akan berkunjung ke situs sejarah Makam Komplek Keluarga Mualem Barjan Al Hadastan Khatib Husein di Gampong Glong, Kecamatan Syamtalira Bayu, Aceh Utara. Adanya makam ini merupakan salah satu bukti Jalur Rempah Dunia yang ada di Aceh Utara,” ungkapnya.

Saat ini Museum Islam Samudra Pasai sendiri memiliki lebih dari 3000 koleksi artefak. Koleksi tersebut dibagi dalam 5 kategori yaitu, historika, filologika, numismatika, etnografika, dan keramologika. Semua koleksi tersebut dapat dilihat oleh pengunjung di Museum yang terbuka untuk umum setiap hari kecuali Jumat dan Minggu. Museum dibuka mulai pukul 09.00 – 16.00 WIB.

Editor : Ferizal Hasan 

Kontributor :Amrizal Abe

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

MINGGU INI