25.2 C
Banda Aceh

TERKINI

POPULER

BMKG Imbau Warga Aceh Waspada Bencana

spot_img

LHOKSUKON | ACEH INFO – BMKG Malikussaleh Aceh Utara mengimbau kepada seluruh masyarakat yang akan melakukan aktivitas di luar ruangan untuk terus meningkatkan kewaspadaannya terhadap dampak bencana hidrometeorologi.

Berdasarkan analisis dinamika atmosfer terkini, sejak seminggu terakhir hingga saat ini di sebagian besar wilayah pesisir timur Aceh masih diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga sedang.

Kepala BMKG Malikussaleh Siswanto, mengatakan hingga memasuki akhir dasarian kedua bulan Desember ini konsentrasi awan hujan (awan konvektif) masih dominan terlihat di wilayah Dataran Tinggi Aceh Tamiang, sebagian Kota Langsa, Dataran Tinggi Aceh Timur, Aceh Utara, Kota Lhokseumawe, Bener Meriah serta Bireuen.

“Potensi hujan ini diprediksi masih akan terus terjadi hingga 2 (dua) hari ke depan,” ujar Siswanto kepada media ini pada Rabu pagi, 21 Desember 2022.

Lebih lanjut, Siswanto menjelaskan potensi dampak bencana hidrometeorologi dapat berupa bencana banjir bandang, banjir genangan maupun tanah longsor serta hembusan angin kencang disertai sambaran petir.

“Masyarakat diimbau untuk mengecek kondisi konstruksi bangunan rumah seperti atap seng rumah, sehingga dapat mengantisipasi adanya tiupan angin kencang maupun puting beliung,” ungkap Siswanto.

Peningkatan curah hujan diprediksi akan terus berlangsung hingga akhir bulan Desember 2022 hingga menjelang awal tahun Januari 2023.

“Tentu kondisi ini akan mengganggu kenyamanan terhadap keselamatan pada jalur penerbangan sipil, khususnya yang berada pada jalur penerbangan Kuala Namu (Medan) ke Malikussaleh dan sebaliknya,” terangnya.

BMKG Malikussaleh juga mengimbau kepada seluruh stake holder seperti Airnav, Maskapai Penerbangan, para Nelayan, masyarakat Pesisir Pantai dan pengelola wisata air serta masyarakat yang akan berliburan atau yang sedang berkendara di jalan raya agar terus meningkatkan kewaspadaaan terhadap perubahan cuaca karena jalanan licin atau ada genangan air.[]

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

MINGGU INI