25.1 C
Banda Aceh
spot_img
spot_img

TERKINI

POPULER

© Jasa Web Design Banda Aceh : Creatv.id

BMKG Imbau Warga Waspadai Potensi Banjir di Aceh

spot_img

BANDA ACEH | ACEH INFO – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun I Sultan Iskandar Muda merilis laporan, masyarakat diimbau untuk mewaspadai terjadinya potensi banjir di Aceh.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun I Sultan Iskandar Muda, Zakaria mengatakan, saat sekali ini wilayah Aceh sudah memasuki musim peralihan, dari musim kemarau ke musim hujan.

“Musim hujan diperkiran pada bulan Oktober 2022, kalau sekarang daerah kita masih memasuki musim peralihan,” ujar Zakaria, Rabu, 21 September 2022.

Zakaria menambahkan, bagi masyarakat yang berada di kawasan Daerah Aliran Sungai (DAS) dan juga yang berada di daerah dataran rendah, agar bisa mewaspada terjadinya potensi banjir disaat musim hujan.

Begitu juga di wilayah-wilayah perkotaan yang sangat rentan terjadinya banjir disaat musim hujan, terutama banjir genangan karena di wilayah perkotaan jumlah resapan airnya sudah sangat sedikit.

“Maka kami imbau masyarakat untuk mewaspadai terjadinya banjir disaat musim hujan,” tutur Zakaria.

Tambahnya, apabila ada air hujan yang diterima permukaan bumi, maka tidak bisa mengalir ketempat salurannya, sehingga terjadilah banjir genangan.

“Karena jumlah resapannya sudah berkurang, maka terjadilah banjir genangan karena tidak lagi terserap ke tanah,” kata Zakaria.

EDITOR: M. AGAM KHALILULLAH

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
spot_img

MINGGU INI

© Jasa Web Design Banda Aceh : Gamiah