27.9 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

POPULER

© Jasa Web Design Banda Aceh : Creatv.id

BMKG Keluarkan Peringatan Dini Angin Kencang di Aceh

spot_img

LHOKSEUMAWE | ACEH INFO – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun I Sultan Iskandar Muda mengeluarkan peringatan dini tentang angin kencang yang berpotensi melanda Aceh pada pekan depan.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun I Sultan Iskandar Muda, Zakaria mengatakan, angin kencang tersebut disebabkan karena adanya pertumbuhan awan cumulonimbus atau sering disebut sebagai awan CB.

“Apabila kita melihat dari hasil pemantauan, maka pekan depan banyak terdapat awan-awan CB yang bisa menyebabkan terjadinya angin kencang,” ujar Zakaria, Selasa, 28 Juni 2022.

Zakaria menambahkan, kecepatan angin tersebut diperkirakan mencapai 60 hingga 80 kilomter per jam, namun belum termasuk kategori ekstrem tapi sudah tergolong dalam kategori angin kencang.

Angin kencang tersebut berpotensi terjadi di wilayah pesisir barat dan selatan Provinsi Aceh dan untuk wilayah Kabupaten Bener Meriah dan Aceh Tengah, berpotensi terjadinya angin puting beliung.

“Angin puting beliung juga berpotensi terjadi pada pekan depan untuk wilayah Kabupaten Bener Meriah dan Aceh Tengah,” tutur Zakaria.

Zakaria mengimbau masyarakat untuk mewaspadai terjadinya angin kencang tersebut, apabila sudah melihat awan yang tiba-tiba sudah berubah menjadi gelap, yang disertai dengan petir maka segera cari tempat berlindung yang aman.

“Kalau tiba-tiba sudah meliah awan berubah menjadi gelap, warna dasarnya putih, tetapi sebagian terkena sinar matahari akan menimbulkan bayangan berwarna kelabu, maka segera cari tempat yang aman, itu merupakan ciri-ciri awan CB,” kata Zakaria.[]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

MINGGU INI

© Jasa Web Design Banda Aceh : Gamiah