24.7 C
Banda Aceh

TERKINI

POPULER

BNN: Empat Wilayah Aceh Kerap Dijadikan Lokasi Penanaman Ladang Ganja

BANDA ACEH | ACEH INFO – Badan Narkotika Nasional (BNN) Republik Indonesia (RI) menyebut ada empat wilayah di Provinsi Aceh yang kerap dijadikan lokasi penanaman ganja. Hal itu berdasarkan temuan ladang ganja yang selama ini diungkap di Tanah Rencong.

“Rata-rata di wilayah yang sering kita kunjungi adalah Lamteuba (Aceh Besar), kemudian Gayo Lues, dan beberapa wilayah Lhokseumawe, dan Aceh Utara,” kata Kepala Biro Humas dan Protokol BNN RI, Riki Yanuarfi, pada Rabu, 28 September 2022.

Lokasi ladang ganja di Aceh diakui Riki, begitu banyak. Pemusnahan tumbuhan dengan nama lain mariyuana tersebut untuk wilayah Tanah Rencong bahkan sudah tidak lagi dalam kategori puluhan kilogram melainkan sudah ton.

“Sudah tonan. Ini sudah periode ke berapa kita musnahkan ladang ganja. Jadi besok itu ada sekitar tiga atau empat hektar kita musnahkan dengan 10 ribu batang. Sebelumnya juga sudah kita musnahkan,” ujarnya.

Guna memastikan lokasi keberadaan tanaman ganja yang ditanam masyarakat, kepala Biro Humas Protokol BNN RI mengatakan, pihaknya akan terus melakukan monitoring melalui satelit.

Di sisi lain, BNN tetap menjalankan Grand Design Alternative Development (GDAD). Tujuannya, merubah pola pikir petani di Aceh yang selama ini menanam ganja untuk beralih membudidayakan tanaman produktif dan bermanfaat.

Sehubungan dengan itu, kepada seluruh elemen masyarakat termasuk pemuda, BNN mengajak untuk bersama-sama mengkampanyekan tentang bahaya narkoba dan memeranginya.

“Kita selalu berkomitmen kepada generasi muda untuk sama-sama kita kampanyekan bahwa narkoba ini musuh kita bersama,” ucap Riki.[]

PEWARTA: MUHAMMAD

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

MINGGU INI