25.4 C
Banda Aceh

TERKINI

POPULER

BPMA dan Conrad Asia Energy Ltd Resmi Tandatangani Perjanjian Kerja Sama

spot_img

JAKARTA | ACEH INFO – Badan Pengelola Migas Aceh (BPMA), melakukan penandatanganan kontrak kerja sama Wilayah Kerja Offshore North West Aceh/ ONWA (Blok Meulaboh) dan Offshore South West Aceh/OSWA (Blok Singkil), yang merupakan hasil lelang penawaran langsung Wilayah Kerja tahap I tahun 2022.

Penandatanganan tersebut dilaksanakan di Gedung Heritage, Kantor Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Jakarta, Rabu, 5 Januari 2023, yang turut disaksikan oleh Menteri ESDM, Pj Gubernur Aceh, Unsur Pemerintah Aceh dan Pimpinan BPMA serta pejabat terkait di Kementerian ESDM.

BPMA berkomitmen untuk menambah wilayah kerja di tahun 2023, penandatanganan tersebut merupakan salah satu bentuk upaya dalam menggalakkan kegiatan eksplorasi di Aceh, serta menunjukkan bahwa potensi investasi migas di Aceh masih memiliki daya tarik dan diminati oleh investor.

“BPMA tentu saja sangat menyambut baik pelaksanaan penandatanganan kontrak kerja sama dengan Conrad Asia Energy Ltd untuk Wilayah Kerja OSWA dan ONWA ini. Kedua WK ini berada di fore arc basin dimana masih sangat sedikit sekali kegiatan eksplorasi yang dilakukan di daerah tersebut,” ujar Faisal.

Faisal menambahkan, luasan Wilayah Kerja OSWA sebesar 8.200 km2 dan ONWA seluas area 9.200 km2 dengan risiko geologi rata-rata moderate to high risk, khususnya di migration dan keberadaan source rock. Kegiatan joint study terhadap kedua blok migas tersebut telah dilaksanakan pada pertengahan tahun 2019 dan berakhir pada pertengahan tahun 2020.

“Kami percaya kehadiran Conrad Asia Energy Ltd untuk berinvestasi di Aceh tentu saja menjadi pertanda yang baik bagi pertumbuhan investasi di Indonesia khususnya Aceh. Conrad Asia Energy Ltd merupakan perusahaan yang telah lama berkecimpung di industri ini dan memiliki Wilayah Kerja lain di Indonesia,” kata Faisal.

Seperti diketahui sebelumnya, pada Selasa (8/11/2022), Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Tutuka Ariadji menyampaikan, berdasarkan hasil penilaian atas Dokumen Partisipasi dari peserta lelang.

Telah ditetapkan dalam Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, perusahaan Pemenang Lelang Penawaran Langsung Wilayah Kerja Migas Konvensional Tahap I Tahun 2022 adalah Conrad Asia Energy Ltd, yang mendapatkan Offshore North West Aceh (Meulaboh) dan Offshore South West Aceh (Singkil).

Dengan komitmen pasti 3 tahun pertama mencapai total US$30 juta atau setara dengan Rp470,4 miliar. Jumlah total investasi komitmen pasti dari 2 Wilayah Kerja tersebut adalah sebesar US$30.000.000 dan bonus tanda tangan sebesar US$100.000.

EDITOR: M. AGAM KHALILULLAH

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

MINGGU INI