27 C
Banda Aceh

TERKINI

POPULER

Cara CERDIK Mencegah Diabetes Melitus

Diabetes Melitus (DM) masih menjadi penyakit penyebab kematian tertinggi di Indonesia, untuk itu perlu cara CERDIK untuk mencegahnya.

Kepala Seski Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular dan Kesehatan Jiwa (Kasi PTM dan Keswa) Dinas Kesehatan Provinsi Aceh, dr Siti Dara menjelaskan cara CERDIK tersebut merupakan singkatan dari kalimat: Cek kesehatan secara berkala, Enyahkan asap rokok, Rajin beraktivitas fisik, Diet yang sehat dan seimbang, Istirahat yang cukup dan Kelola stres (CERDIK).

“Masyarakat kita imbau untuk mewaspadai penyakit ini, karena diabetes bisa terjangkit pada segala usia, tidak hanya pada mereka yang sudah lanjut usia atau lansia, tapi bisa juga pada orang dewasa bahkan anak-anak,” jelasnya.

Karena itu dr Siti Dara juga mengimbau agar para orang tua mewaspadai penyakit ini dengan memberikan perhatian dan pendampingan yang baik terhadap makanan yang dikosumsi anak-anak, karena pola makanan yang tidak sehat akan menyebabkan anak-anak mengalami obesitas, dan obesitas merupakan salah satu penyebab timbulnya penyakit diabetes.

“Pencegahan harus dilakukan sebelum diabetes timbul. Cara CERDIK lebih efisien dan efektif dalam mencegah penyakit DM, karena akan beda penanganan dan dampaknya nanti jika sudah terjangkit, jika tidak ditangani dengan baik akan berdampak pada timbulnya masalah kesehatan lain seperti komplikasi jantung,” ungkapnya.

Selain itu kata dr Siti Dara, pencegahan primer diutamakan bagi kelompok masyarakat yang berisiko tinggi menderita DM dengan melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin dan mengikuti anjuran dokter, mengatasi penyakit dengan pengobatan yang tepat dan teratur, diet sehat dengan gizi seimbang, menghindari atau tidak mengosumsi rokok dan minuman beralkohol, serta rajin berolahraga.

Masih menurit dr Siti Dara, dewasa ini ada sekitar 422 juta orang penyandang diabetes yang berusia di atas 18 tahun di seluruh dunia atau 8,5% dari penduduk dunia. Namun 1 dari 2 orang dengan diabetes tidak tahu bahwa dia penyandang diabetes. Oleh karena itu, sering ditemukan penderita diabetes pada tahap  lanjut dengan  komplikasi seperti; serangan jantung, stroke, infeksi kaki yang berat dan berisiko  amputasi, serta  gagal ginjal stadium akhir.

Diabetes sendiri merupakan penyakit yang disebakan oleh tingginya kadar gula darah akibat gangguan pada pankreas dan insulin. Salah satu faktor predominan diabetes adalah berat badan berlebih dan obesitas. Pola makan atau diet kaya kalori, garam, lemak jenuh dan gula, dan rendah serat dapat menyebabkan peningkatan berat badan berlebih dan dengan demikian meningkatkan risiko diabetes.

Kepada penyandang atau penderita penyakit diabetes dr Siti Dara mengimbas agar selalu hidup sehat dan teratur mengikuti pengobatan dengan tepat dan benar, serta tetap melakukan pencegahan dengan cara CERDIK. “Pola hidup sehat itu penting untuk pencegahan DM,” pungkasnya.

Berikut ini cara CERDIK mengataksi atau mencegah DM.

C = Cek Kesehatan secara teratur untuk mengendalikan berat badan agar tetap ideal dan tidak berisiko mudah sakit, periksa tensi darah, gula darah, dan kolesterol secara teratur.

E = Enyahkan asap rokok dan jangan merokok.

R = Rajin melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit sehari, seperti berolahraga, berjalan kaki, membersihkan rumah. Upayakan dilakukan dengan baik, benar, teratur dan terukur.

D = Diet yang seimbang dengan mengkonsumsi makanan sehat dan gizi seimbang, konsumsi buah sayur minimal 5 porsi per hari, sedapat mungkin menekan konsumsi gula hingga maksimal 4 sendok makan atau 50 gram per hari, hindari makanan/minuman yang manis atau yang berkarbonasi.

I = Istirahat yang cukup

K = Kelola stress dengan baik dan benar. []

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

MINGGU INI