24.7 C
Banda Aceh

TERKINI

POPULER

Cara Sopan Menanyakan Soal Keterlambatan Gaji Pada Atasan

BANYAK pegawai yang bingung bagaimana menagih gaji yang belum dibayar oleh perusahaan. Padahal jamak orang bekerja adalah untuk mencari uang guna kebutuhan hidup, apalagi dia merupakan tulang punggung bagi keluarga. Namun, tidak sedikit pula para pekerja yang bersikap santai lantaran gaji bulanan tidak kunjung datang. Mungkin pekerja tersebut memiliki banyak job sampingan di luar.

Biaya hidup keluarga, biaya sekolah anak dan kebutuhan lain yang mendesak membuat sebagian pekerja tidak produktif ketika gaji telat masuk dalam rekening. Apalagi jika para pekerja memiliki cicilan kredit atau kebutuhan mendadak di awal bulan, akan membuat kepala terasa pecah.

Namun, banyak para pekerja memilih diam dan segan menanyakan kapan gaji cair. Selentingan dari para pekerja akan berkomunikasi antar sesama tentang gaji mereka yang tidak kunjung datang, padahal kalender sudah menunjukkan tanggal muda.

Nah, bagaimana agar para pekerja ini mendapat haknya setelah kewajiban mereka ditunaikan? Apakah ini akan berisiko dengan karir mereka di perusahaan tersebut?

Mungkin saja, keterlambatan pembayaran gaji bukan disebabkan oleh perusahaan yang sedang pailit. Ada juga kasus keterlambatan pencairan gaji karena sistem perusahaan sedang eror. Mungkin saja rekan-rekan kerja Anda sudah menerima jerih payah mereka terlebih dahulu, tetapi Anda belum karena sistem yang rusak.

Berikut beberapa cara menagih gaji kepada atasan sebelum mengadukannya ke serikat pekerja atau pemerintah, seperti dikutip acehinfo.id dari berbagai sumber.

Tanya Teman Satu Divisi Kapan Gajian

Bisa saja sebenarnya uang gajian sudah dibayarkan oleh perusahaan. Mungkin saja sebenarnya semua sudah gajian, tetapi ada kesalahan di pihak payroll sehingga gajian anda terlewat. Jika hal tersebut yang terjadi anda tentunya akan lebih enak dan nyaman menanyakan mengapa uang gajian anda belum masuk.

Jika memang belum gajian sementara anda berstatus “anak baru”, anda bisa mencoba bertanya kapan biasanya tanggal gajian.

Jika memang perusahaan sering telat memberikan uang gaji, anda juga bisa menanyakan berapa lama biasanya keterlambatan penggajian ini.

Perlu diketahui bahwa telatnya gaji bisa saja bukan karena kantor tidak mampu membayar gaji pegawai. Bisa saja ada kendala-kendala di pihak akunting dan payroll sehingga tanggal gajian tidak bisa tepat waktu.

Minta Konfirmasi Perihal Gaji Kepada Divisi Terkait

Ketika gaji anda telat dibayarkan, sebenarnya tidak harus langsung menghadap boss untuk menanyakan perihal gaji. Malahan anda tidak disarankan untuk komplain masalah ini kepada boss atau atasan.

Anda bisa mencoba mencari informasi terkait keterlambatan gaji kepada divisi yang mengurus keuangan. Misalnya akunting, HRD, ataupun pihak payroll. Biasanya divisi-divisi inilah yang paling tahu kapan tanggal gajian.

Siapkan Alasan Mengapa Anda Perlu Segera Menerima Gaji

Beberapa orang mungkin tidak masalah ketika gaji telat 2-3 hari. Bahkan ada yang masih tenang ketika gaji telat seminggu lebih. Tetapi bagi mereka yang memiliki tagihan yang harus dibayar dan waktu jatuh tempo di awal bulan, keterlambatan gajian bagaikan sebuah masalah besar.

Untuk itu, siapkanlah beberapa alasan sehingga anda dapat dengan lebih meyakinkan untuk mendapatkan gaji sesegera mungkin. Sangat disarankan menggunakan alasan-alasan yang jujur dan tidak dibuat-buat.

Beberapa alasan yang bisa digunakan untuk memohon bantuan agar gaji anda cepat dibayarkan antara lain adalah:

  • Cicilan rumah mau jatuh tempo, dan ada denda keterlambatan pembayaran
  • Sudah diminta membayar kontrakan segera oleh pemilik kontrakan
  • Tagihan listrik dan air sudah keluar dan perlu segera dibayar
  • Ada cicilan motor dan takut motor disita karena telat bayar
  • Kebutuhan mendesak karena hendak digunakan untuk sekolah anak
  • Ada anggota keluarga yang memerlukan pengobatan
  • serta alasan-alasan logis lainnya

Cara ini umumnya sangat berhasil sehingga anda bisa menerima gaji lebih dahulu daripada teman-teman lainnya yang gajinya masih tertunda karena ada masalah pada divisi payroll.

Izin Kasbon

Untuk menghindari denda dari telat membayar cicilan sementara tanggal gajian telat maka anda bisa mengakalinya dengan kasbon atau berhutang kepada perusahaan. Karena perusahaan masih memiliki hutang gaji kepada anda, pastinya perusahaan tidak akan mempermasalahkan kasbon yang anda lakukan.

Cara kasbon ketika gaji telat dibayarkan perusahaan merupakan cara terbaik untuk mengetahui sebenarnya kondisi keuangan perusahaan seperti apa. Jika memang finansial perusahaan tidak bermasalah dan gaji mengalami keterlambatan karena ada kendala di pihak payroll, permintaan kasbon anda pasti akan disetujui.

Tidak perlu malu kasbon dari perusahaan tempat anda bekerja. Karena selain tidak ada bunga, kasbon di perusahaan juga sebenarnya lebih mudah dan cicilannya bisa lebih ringan.

Lakukan Negosiasi dengan Pihak Terkait

Untuk cara yang satu ini sebaiknya dilakukan dengan sesama pegawai lainnya. Cara meminta gaji yang telat ini berfokus kepada melakukan negosiasi kepada perusahaan perihal pembayaran gaji. Jika memang perusahaan belum mampu melunasi hutang gaji sebagai pegawai kita bisa mencoba mencari jalan tengah.

Beberapa jalan tengah yang bisa dilakukan misalnya:

  • Menerima gaji sebagian untuk sebagian lagi dibayarkan bulan depan
  • Bersedia gaji diundur sampai ke bulan depan
  • Bersedia gaji dibayarkan hanya sebagian saja menurut kemampuan perusahaan

Namun, apapun jalan tengah yang diambil pastikan anda meyakini bahwa perusahaan memiliki komitmen untuk menyelesaikan masalah ini sesuai dengan jalan tengah yang sudah disepakati.

Jika memang jalan tengah ini buntu, anda dan sesama pegawai dapat melibatkan dinas ketenagakerjaan setempat. Karena sebagai pegawai anda memiliki dasar yang kuat yaitu UU No. 2 Tahun 2004 tentang penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial.

UU No. 2 tahun 2004 tentang penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial ini mengatur tentang Perselisihan Hubungan Industrial.

Perselisihan ini menyangkut perbedaan pendapat yang mengakibatkan pertentangan antara pengusaha atau gabungan pengusaha dengan pekerja/buruh atau serikat pekerja/serikat buruh.

Biasanya berupa adanya perselisihan mengenai hak, perselisihan kepentingan, perselisihan pemutusan hubungan kerja dan perselisihan antar serikat pekerja/serikat buruh dalam satu perusahaan.

Meminta Bantuan Serikat ataupun Dinas Terkait

Anda juga bisa menanyakan masalah gaji anda yang telat dibayarkan kepada pihak serikat ataupun dinas terkait. Namun cara meminta gaji yang telat ini sangat disarankan hanya dilakukan ketika perusahan tidak memberikan jawaban yang memuaskan atau melakukan ingkar kepada kesepakatan yang sudah dijanjikan kepada anda.

Hindari hal-hal yang merugikan diri anda dan perusahaan semisal melakukan penghasutan mogok kerja ataupun perusakan pada aset-aset perusahaan. Selain menyebabkan anda terkena pidana, tindakan-tindakan tersebut jika berpotensi menyebabkan perusahaan tidak dapat beroperasional. Jika perusahaan operasionalnya terganggu, maka kondisi finansialnya bisa semakin memburuk dan tentunya akan merugikan lebih banyak karyawan lainnya.

Bagaimanapun juga, jika memang keterlambatan pembayaran gaji anda sudah sering dialami karena memang perusahaan bermasalah secara finansial dan tampak tidak ada tanda-tanda perubahan kondisi (malahan semakin buruk) maka ada baiknya untuk memikirkan resign. Karena sudah banyak kejadian dimana karyawan tidak mendapatkan hak gajinya lebih dari 3 bulan bekerja karena memutuskan bertahan pada perusahaan yang secara finansial sudah “collapse”.

Akhir kata semoga cara meminta gaji yang telat ini tidak banyak dibaca dan tidak perlu digunakan. Karena kami sangat berharap kejadian-kejadian telat pembayaran gaji tidak terjadi lagi di perusahaan manapun itu. Semoga informasi yang diberikan ini bisa bermanfaat bagi anda yang sedang mengalami masalah gaji yang belum dibayarkan.[]

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

MINGGU INI