25.1 C
Banda Aceh
spot_img
spot_img

TERKINI

POPULER

© Jasa Web Design Banda Aceh : Creatv.id

Demo BBM di DPRA Rusuh, Tiga Mahasiswa dan Lima Personel Polisi Terluka

spot_img

BANDA ACEH | ACEH INFO – Aksi demo menolak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) yang dilakukan mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Ar Raniry di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA), Kota Banda Aceh, Aceh, ricuh dan anarkis, pada Rabu, 7 September 2022.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Kepolisian Daerah (Polda) Aceh, Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Winardy mengatakan, aksi yang berujung dengan bentrokan tersebut mengakibatkan tiga orang mahasiswa dan lima anggota kepolisian terluka serta harus mendapat penanganan medis.

“Ada delapan orang yang terluka, lima polisi dan tiga orang mahasiswa. Mereka sudah dapatkan perawatan,” kata Winardy, dalam keterangannya, pada Rabu, 7 September 2022, malam.

Meski telah menyebutkan jumlah korban, namun ia tidak menjelaskan secara detail siapa-siapa nama korban yang mengalami luka dalam insiden tersebut.

Selain delapan orang yang mengalami luka, mobil dinas milik Kabag Ops dan Kasat Samapta Polresta Banda Aceh juga mengalami kerusakan.

Ia menyampaikan, kejadian bermula ketika massa yang diperkirakan seribu orang tersebut menolak bertemu perwakilan DPRA. Penolakan itu mengakibatkan eskalasi meningkat dan terjadi aksi saling dorong dengan petugas.

Tidak hanya itu, pengrusakan pagar, pelemparan batu, hingga membakar papan bunga yang terpasang di jalan juga terjadi.

Padahal dikatakan Winardy, sebelum terlibat aksi saling dorong, pihaknya sudah memberikan imbauan agar pendemo menyampaikan aspirasinya dengan tertib. Namun, imbauan tersebut tidak digubris dan mulai bertindak anarkis.

“Kemudian, atas nama undang-undang petugas terpaksa membubarkan massa dengan menembakkan gas air mata dan water canon,” ujarnya.

Usai dibubarkan oleh pihak kepolisian, massa mahasiswa sempat bertahan di ruas Jalan Teungku Mohammad Daud Beureueh. Mereka baru membubarkan diri sekitar pukul 17.00 WIB.

“Namun, kita tetap tempatkan personel untuk pengamanan di Gedung DPR Aceh untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan,” pungkas Winardy.[]

PEWARTA: MUHAMMAD

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
spot_img

MINGGU INI

© Jasa Web Design Banda Aceh : Gamiah