24 C
Aceh

TERKINI

POPULER

© Jasa Web Design Banda Aceh : Creatv.id

Dinkes Catat Empat Kasus Gagal Ginjal Akut di Aceh Tengah

TAKENGON | ACEH INFO – Data penyelidikan epidemiologi Tim Surveillance Dinas Kesehatan Aceh Tengah mencatat terdapat empat kasus gagal ginjal akut Progresif Acute Kidney Injury (AKI) di kabupaten dataran tinggi Gayo tersebut. Data ini dikumpulkan rentang waktu September hingga Oktober 2022 dan terus bertambah.

“Diketahui anak perempuan berumur 35 bulan asal Kecamatan Rusip Antara dilaporkan meninggal dunia pada 22 Oktober 2022 yang lalu. Jadi totalnya empat kasus, semuanya meninggal dunia,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Aceh Tengah, Yunasri, Selasa, 25 Oktober 2022.

Dia mengatakan sebaran pasien kasus gagal ginjal akut ini berada di tiga kecamatan berbeda, yaitu Kecamatan Kebayakan sebanyak dua anak, Kecamatan Rusip Antara satu anak, dan Kecamatan Celala satu orang anak. Menurut Yunasri, rata-rata semua penderita gagal ginjal akut ini dialami anak di bawah umur lima tahun.

Yunasri menegaskan Dinas Kesehatan terus memantau perkembangan dan penyelidikan kasus gangguan ginjal akut pada anak di Aceh Tengah. Dia berharap warga yang mendapati anaknya muntah, demam, diare, gangguan pernapasan, sedikit atau tidak buang air kecil untuk segera membawa ke fasilitas kesehatan.

Ia juga mengimbau masyarakat untuk sementara waktu agar tidak mengonsumsi obat cair atau sirup.

“Kita masih menerapkan instruksi yang dikeluarkan oleh Kemenkes RI terkait pelarangan pemberian obat-obatan jenis cair atau sirup hingga ada informasi lebih lanjut,” pungkasnya.[]

PEWARTA: FAUZI

EDITOR: BOY NASHRUDDIN AGUS

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

MINGGU INI

© Jasa Web Design Banda Aceh : Gamiah