24.7 C
Banda Aceh

TERKINI

POPULER

Disbudpar Aceh Bakal Terapkan Destinasi Wisata Sesuai Syariat Islam

BANDA ACEH | ACEH INFO – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dibsudpar) Aceh akan menerapkan destinasi wisata sesuai syariat Islam. Gagasan ini merupakan hasil diskusi yang dihelat Disbudpar Aceh melalui bidang Bahasa dan Seni di Hermes Hotel, Banda Aceh pada Selasa, 27 September 2022 kemarin.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Almuniza Kamal menyampaikan, kegiatan ini sebagai penghubung atau jembatan komunikasi antara pelaku seni dan budaya dengan seluruh para alim ulama maupun pemerintah, untuk membangun sebuah sinergisitas yang baik dikemudian hari.

“Saya berharap diskusi hari ini dapat menjadi sebagai jalan tengah, dan pencerahan dimana teman-teman pelaku seni dan budaya bersama para alim ulama Aceh dapat memberikan solusi untuk membenahi atraksi budaya yang lebih baik lagi,” sebutnya.

Menurut Almuniza, Islam merupakan landasan dan patron bagi umat Islam dalam menjalankan kehidupan sehari-hari terutama pada masyarakat Aceh, sehingga perlu adanya perspektif Islam dalam menjalankan sebuah event ataupun aktraksi budaya dan seni.

“Kami yakin karena Islam adalah rahmatan lil’alamin, tentu akan menjadi sebuah kemudahan bagi pelaku seni kebudayaan berdasarkan syariat Islam,” ungkap Almuniza.

Disbudpar Aceh, sebut Almuniza, akan terus berbenah dalam sisi aktraksi kepariwisataan sesuai dengan syariat Islam, karena destinasi wisata Aceh yang diberikan oleh Allah begitu melimpah.

“Disbudpar bersama dengan masyarakat, terus mencoba berbagai macam hal untuk bisa memberikan begitu banyak manfaat bagi wisatawan mancanegara ataupun wisatawan dalam negeri sebagai sarana berlibur dan berpiknik bersama keluarga,” ujar Almuniza.

Almuniza juga berharap, lewat diskusi publik ini dapat menghasilkan sebuah pemahaman baru, meskipun sudah beberapa kali pertemuan yang dilaksanakan oleh Disbudpar Aceh untuk menambahkan referensi bagi pelaku seni dan budaya.

“Saya yakin insya Allah ini akan menjadi sebuah landasan bagi kita semua, karena bagaimanapun Disbudpar terus berbenah dalam sisi standar operasional prosedur (SOP) dalam sebuah event,” harap Almuniza.

Dalam diskusi publik ini juga turut menghadirkan narasumber dari berbagai kalangan, yaitu Tgk H. Faisal Ali (Ketua MPU Aceh), Prof. Dr. Syamsul Rizal, M.Ag (Guru Besar UIN Ar-Raniry), Tgk. H. Muhammad Nazar (Wagub Aceh 2007-2013 sekaligus Pengamat dan Pemerhati Budaya), Tgk Muslim At Thahiri (Ketua Ikatan Aceh Berdaulat), dan Tgk. Masril Aidi bin Muhammad Ismy, Lc (Pimpinan Dayah Babul Magfirah, Aceh Besar).[]

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

MINGGU INI