27.9 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

POPULER

© Jasa Web Design Banda Aceh : Creatv.id

Dua Parlok di Aceh Lolos Parliamentary Threshold

spot_img

BANDA ACEH | ACEH INFO – Dua dari 17 partai politik lokal yang terdaftar di Kantor Wilayah Kemenkumham Aceh dinyatakan telah memenuhi ketentuan Pasal 90 UU Nomor 11 Tahun 2006 juncto Pasal 34 Qanun Aceh Nomor 3 Tahun 2008. Kedua partai lokal yang dimaksud yaitu Partai Aceh dan Partai Nanggroe Aceh.

“Ketentuan local parliamentary threshold tersebut di atas yaitu partai politik lokal Aceh yang memperoleh sekurang-kurangnya 5% dari jumlah kursi DPRA atau sekurang-kurangnya di setengah jumlah kabupaten/kota,” ujar Divisi Teknis Penyelenggaraan KIP Aceh, Munawarsyah, Rabu, 29 Juni 2022.

Hasil tersebut diketahui dari rapat koordinasi khusus (Rakorsus) Persiapan Pelaksanaan Tahapan Pendaftaran, Verifikasi, Penetapan Partai Lokal Aceh antara Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI dengan Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh dan KIP Kabupaten/Kota se-Aceh. Rakor ini dihadiri oleh Anggota KPU RI Idham Holik dan Betty Epsilon Idroos pada 28-29 Juni 2022.

Kunjungan Kerja (Kunker) dua anggota KPU RI itu turut menggelar sosialisasi aplikasi Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) 2024 kepada partai lokal Aceh.

Menurut Munawarsyah, pendirian partai politik Aceh sepenuhnya mengacu pada ketentuan yang diatur dalam UU No 11 Tahun 2006 juncto PP No 20 Tahun 2007 juncto Qanun Aceh No. 3 Tahun 2008.

“Kini berdasarkan data partai politik lokal Aceh yang berbadan hukum dan terdaftar dalam Kantor Wilayah Kemenkumham Provinsi Aceh yaitu sebanyak 17 partai politik lokal Aceh,” kata Munawarsyah.

Dari 17 partai politik lokal yang terdaftar di Kantor Wilayah Kemenkumham Aceh, hanya delapan diantaranya yang mengikuti kegiatan sosialisasi SIPOL di Hermes Palace Hotel, Banda Aceh, Rabu, 29 Juni 2022.

Ke delapan parlok tersebut adalah Partai Generasi Aceh Beusaboh Taat dan Taqwa (Gabthat), Partai Aceh (PA), Partai Nanggroe Aceh (PNA), Partai Soliditas Independen Rakyat Aceh (SIRA), Partai Islam Aceh (PIA), Partai Adil Sejahtera (PAS), Partai Darul Aceh (PDA), dan Partai Amanat Rakyat (PAR).

Lebih lanjut, Munwarsyah mengatakan hingga 29 Juni 2022 baru empat partai yang sudah mengajukan surat permohonan pembukaan akun SIPOL.

“Ke empat partai itu adalah PAS, Partai SIRA, PDA, dan PA,” kata Munawarsyah.[]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

MINGGU INI

© Jasa Web Design Banda Aceh : Gamiah