26.5 C
Banda Aceh
spot_img
spot_img

TERKINI

POPULER

© Jasa Web Design Banda Aceh : Creatv.id

Elektabilitas Prabowo Melesat Usai Deklarasi Koalisi Gerindra PKB

spot_img

JAKARTA|ACEHINFO-Survei Indo Strategi merilis temuan terbaru bertajuk Peta Dukungan Pemilih Parpol terhadap 3 Besar Capres. Salah satu poin yang dipaparkan yakni elektabilitas Prabowo dominan dibandingkan Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

“Tiga besar capres pada pertanyaan terbuka dan tertutup menghasilkan Prabowo sebagai figur yang memiliki elektabilitas paling tinggi,” papar Direktur Indo Strategi Arief Nurul Imam, Jumat (9/9).

Hasilnya pada pertanyaan terbuka 3 nama, Prabowo memperoleh suara 25,2 persen. Disusul Ganjar 17,3 persen dan Anies 12,8 persen.

Survei Indo Strategi periode 29 Agustus – 5 September 2022 Foto: Dok. Indo Strategi
Sementara, survei dengan pertanyaan tertutup di mana responden diberi nama sejumlah nama calon capres menunjukkan lonjakan elektabilitas Prabowo menjadi 31,3 persen.

“Sementara Ganjar tadi 17 persen ketika terbuka menjadi 20 persen dan Anies sebesar 14,9 persen,” ujarnya.

Arief berpendapat, melonjaknya elektabilitas Prabowo merupakan faktor dari deklarasi koalisi Gerindra dan PKB. Dukungan bertambah dari poros NU yang merupakan pendukung grassroots atau akar rumput dari PKB.

“Pemilik PKB yang mayoritas berlatar NU mengarahkan pilihannya ke Prabowo, Gus Muhaimin punya peran.”

“Selain itu, deklarasi capres yang dilakukan Prabowo pada pertengahan Agustus 2022 lalu berdampak pada elektabilitasnya sekarang,” tandasnya.

Survei dilakukan pada periode 29 Agustus 2022 sampai 5 September 2022. Jumlah sampel dalam survei tersebut sebanyak 1230 responden dengan margin of error 2,83 persen. Teknik penculikan sampel menggunakan Multistage Random Sampling.[]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

MINGGU INI

© Jasa Web Design Banda Aceh : Gamiah