27.9 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

POPULER

© Jasa Web Design Banda Aceh : Creatv.id

Empat Unit Rumah Rusak Dihantam Puting Beliung

spot_img

TAKENGON | ACEH INFO – Sebanyak empat unit rumah warga Desa Jeget Ayu, Kecamatan Jagong Jeget, Kabupaten Aceh Tengah rusak akibat dihantam angin puting beliung, bahkan atap sekolah dasar di daerah itu juga ikut rusak.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), peristiwa tersebut terjadi pada Kamis, 30 Juni 2022 pukul 07.00 WIB tadi. Tidak ada korban jiwa dalam musibah angin puting beliung itu.

Dirincikan, sebanyak tiga unit rumah warga mengalami rusak berat dan satu unit rumah rusak ringan. Sementara atap gedung sekolah dasar mengalami kerusakan akibat dihempas angin.

Kalak Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Ilyas mengatakan, sebanyak 13 jiwa terdampak akibat musibah tersebut.

“Saat ini mereka mengungsi ke rumah tetangga dan saudaranya,” kata Ilyas.

Sebelumnya diberitakan, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun I Sultan Iskandar Muda, mengeluarkan peringatan dini tentang angin kencang yang berpotensi melanda Aceh pada pekan depan.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun I Sultan Iskandar Muda, Zakaria mengatakan, angin kencang tersebut disebabkan karena adanya pertumbuhan awan cumulonimbus atau sering disebut sebagai awan CB.

“Apabila kita melihat dari hasil pemantauan, maka pekan depan banyak terdapat awan-awan CB yang bisa menyebabkan terjadinya angin kencang,” ujar Zakaria, Selasa, 28 Juni 2022.

Zakaria menambahkan, kecepantan angin tersebut diperkirakan mencapai 60 hingga 80 kilomter per jam, namun belum termasuk kategori ekstrem tapi sudah tergolong dalam kategori angin kencang.

Angin kencang tersebut berpotensi terjadi di wilayah pesisir barat dan selatan Provinsi Aceh dan untuk wilayah Kabupaten Bener Meriah dan Aceh Tengah, berpotensi terjadinya angin puting beliung.

“Angin puting beliung juga berpotensi terjadi pada pekan depan untuk wilayah Kabupaten Bener Meriah dan Aceh Tengah,” tutur Zakaria.[]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

MINGGU INI

© Jasa Web Design Banda Aceh : Gamiah