24.7 C
Banda Aceh

TERKINI

POPULER

Gelombang Laut di Aceh Mencapai 4 Meter

LHOKSEUMAWE | ACEH INFO – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun I Sultan Iskandar Muda merilis laporan, gelombang laut di Provinsi Aceh mencapai 4 meter dan sudah termasuk dalam kategori tinggi.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun I Sultan Iskandar Muda, Zakaria mengatakan, pada Kamis, 29 September 2022, ketinggian gelombang di Samudera Hindia Barat Aceh mencapai 6 meter dan sudah termasuk kategori ekstrem.

“Kemarin (Kamis, 29 September 2022) malah, ketinggian gelombang di Samudera Hindia Barat Aceh mencapai 6 meter, kalau sudah mencapai 6 meter maka sudah termasuk kategori ekstrem,” ujar Zakaria, Jumat, 30 September 2022.

Zakaria menambahkan, berdasarkan hasil pemantauan yang dilakukan, maka ketinggian gelombang di perairan utara Sabang mencapai 4 meter, Selat Malaka bagian utara mencapai 4 meter, perairan Sabang – Banda Aceh mencapai 2,50 meter.

Begitu juga di perairan Lhokseumawe mencapai 1, 25 meter, perairan barat Aceh mencapai 4 meter, peraira Meulaboh – Kep Sinabang mencapai 2,50 meter dan Samudera Hindia Barat Aceh mencapai 4 meter.

“Bagi nelayan yang sedang berlayar maka harus lebih hati-hati,” tutur Zakaria.

Tambahnya, tingginya gelombang laut tersebut diakibat karena adanya pertumbuhan awan cumulonimbus, sehingga menyebabkan terjadinya angin kencang dan hujan deras, serta intensitas petir juga tinggi.

“Gelombang tinggi ini diperkirakan bertahan sampai bulan Desember 2022, namun bukan terjadi dalam setiap hari,” kata Zakaria.

EDITOR: M. AGAM KHALILULLAH

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

MINGGU INI