27.4 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

POPULER

Gelombang Laut Tinggi, Nelayan Aceh Diimbau Untuk Tidak Melaut Sementara Waktu

LHOKSEUMAWE | ACEH INFO – Akibat gelombang laut yang tinggi dan untuk mempertimbangkan faktor keselamatan, maka nelayan Aceh diimbau untuk tidak melaut sementara waktu.

Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun I Sultan Iskandar Muda, Zakaria mengatakan, tingginya gelombang laut itu dipengaruhi karena faktor angin baratan.

“Selain karena angin baratan, juga adanya pertumbuhan awan-awan cumulonimbus atau disebut dengan awan CB, sehingga bisa terjadi angin kencang dan gelombang menjadi tinggi,” ujar Zakaria, Rabu, 13 Juli 2022.

Zakaria menambahkan, terutama bagi nelayan yang melaut di kawasan Utara Sabang, Selat Malaka Bagian Utara dan Samudera Hindia Barat Aceh, lebih baik untuk berhenti sementara waktu.

Wilayah tersebut merupakan sebagai lautan bebas dan ketinggian gelombangnya saat sekarang ini mencapai 5 meter dan dalam dua hari kedepan diperkirakan ketinggian gelombangnya mencapai 6 meter.

“Kalau sudah mencapai 6 meter maka sudah termasuk kategori ekstrem,” tutur Zakaria.

Tambahnya, apabila memang ingin tetap melaut maka harus lengkap dengan peralatan keselamatan, seperti pelampung dan lainnya, serta jangan melaut sampai ke tengah dan hanya dipinggiran saja.

“Kalau memang ingin tetap melaut maka lebih baik di pinggiran saja,” kata Zakaria.

Editor: M. Agam Khalilullah

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

MINGGU INI