28.2 C
Banda Aceh

TERKINI

POPULER

Gunung Api Terbesar di Dunia Meletus

spot_img

HONOLULU | ACEH INFO – Gunung berapi aktif terbesar dunia yang terletak di Hawaii, Mauna Loa, meletus untuk pertama kalinya dalam hampir empat dekade.

Seperti diberitakan BBC, Mauna Loa meletus pada Minggu, 27 November 2022 pukul 23.30 waktu setempat di Moku’aweoweo, yang merupakan puncak kaldera dari gunung itu.

Letusan itu terjadi setelah munculnya peringatan mengenai kemungkinan letusan usai serangkaian gempa bumi terjadi di daerah tersebut dalam beberapa waktu terakhir.

Sebagian besar lahar dilaporkan masih berapa di dalam puncak, tetapi penduduk sekitar telah mendapat peringatan siaga serta informasi. Otoritas juga sempat mengeluarkan peringatan mengenai potensi abu vulkanik, yang kini telah dicabut.

Namun, pihak berwenang belum mengeluarkan perintah evakuasi karena daerah berpenduduk diperkirakan belum akan terdampak.

Meski demikian, Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) juga mengingatkan bahwa situasi dapat berubah dengan cepat.

“Berdasarkan kejadian di masa lalu, tahap awal letusan Mauna Loa bisa sangat dinamis … lokasi serta aliran lahar dapat berubah dengan cepat,” kata USGS.

Jika letusan keluar dari dinding puncak kaldera, aliran lahar bisa “bergerak turun dengan cepat”, badan itu menambahkan.

Mauna Loa, yang terletak di dalam Taman Nasional Gunung Api Hawaii, mencakup separuh wilayah negara bagian itu. Gunung berapi setinggi 13.679 kaki (4.169 m) di atas permukaan laut ini membentang seluas lebih dari 2.000 mil persegi (5.179 km persegi).

Menurut USGS, Mauna Loa telah meletus 33 kali sejak 1843. Letusan terakhir, yang terjadi pada tahun 1984 menyebabkan aliran lahar hingga lima mil di Hilo, yang merupakan kota terpadat di pulau itu.

Mauna Loa merupakan gunung berapi aktif terbesar di dunia. Walaupun terdapat beberapa gunung berapi lain yang berukuran lebih besar, gunung-gunung itu tidak meletus dalam jangka waktu yang lama sehingga dianggap tidak aktif.[] sumber: suara.com

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

MINGGU INI