26.1 C
Banda Aceh
spot_img
spot_img

TERKINI

POPULER

© Jasa Web Design Banda Aceh : Creatv.id

Harga BBM Disebut Bakal Naik Besok, Ini Kata Sri Mulyani

spot_img

JAKARTA|ACEHINFO-Rencana kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) terus berhembus kencang, bahkan disebut-sebut akan diberlakukan pemerintah pada 1 September 2022. Tapi Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mempertanyakan kembali informasi itu.

“Udah ada belum (pengumumannya)?” katanya sambil tersenyum dan langsung pergi meninggalkan kumpulan wartawan di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (31/8).

Yang jelas, Sri Mulyani mengatakan pemerintah akan mempertimbangkan semua faktor dalam penentuan kenaikan harga BBM. Mulai dari pertumbuhan ekonomi hingga keberlanjutan APBN.

“Kita pokoknya lihat seluruh faktor dalam hal ini. Yang harus diseimbangkan tadi, growth, inflation, daya beli, APBN,” ungkap Sri Mulyani.

Sri Mulyani juga bicara sejauh ini pemerintah berhasil menahan kenaikan tingkat inflasi karena memberikan subsidi energi yang terus menerus naik hingga tiga kali lipat.

“Banyak negara hadapi inflasi di atas 8-9%. Karena kita naikkan subsidi BBM sampai tiga kali. Nilainya sampai Rp 502 triliun. Itu yang sebabkan harga-harga relatif bisa dikendalikan, kemarin pun inflasi disumbangkan lebih banyak oleh makanan bukan administered prices,” sebut Sri Mulyani.

Sementara itu,Ekonom Universitas Gadjah Mada (UGM) Prof Lincolin Arsyad berpendapat tidak mempersoalkan rencana pemerintah menaikkan harga BBM. Namun, Arsyad berharap jika pemerintah menaikkan harga BBM maka idealnya diimbangi dengan perbaikan fasilitas transportasi umum.

“Saya ini ekonom dan ahli energi juga dulu, kalau saya pribadi nggak papa. Yang penting kita hemat, karena di Indonesia kita lihat seringkali kendaraan bermotor itu baik mobil maupun sepeda motor kalau kita bilang seperti muspro yang naik cuman satu orang, mobil yang naik cuman satu orang padahal itu bisa mungkin 4 atau 6 orang,” sebutnya seperti dilansir Detik.com.

“Saya kira kita perlu belajarlah dari negara-negara tetangga kita dari Malaysia yang harga BBM lebih tinggi dari kita supaya lebih hemat,” kata Lincolin Arsyad saat ditanya wartawan soal rencana harga BBM naik, di sela-sela menghadiri Milad ke-58 Universitas Muhammadiyah Magelang (Unimma).

Idealnya menurut Arsyad, jika BBM naik mestinya pemerintah menambah kendaraan umum. Selain itu juga ada perbaikan fasilitas.

“Yang ideal kita sendiri yang tahu, tapi mesti yang ideal kalau memang BBM itu naik mestinya kendaraan umum ditambah. Kendaraan umum ditambah, diperbaiki fasilitas umum, entah kereta api yang dalam kota seperti di Jakarta atau bus kota atau kendaraan-kendaraan umum,” jelasnya.[]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

MINGGU INI

© Jasa Web Design Banda Aceh : Gamiah