26.1 C
Banda Aceh
spot_img
spot_img

TERKINI

POPULER

© Jasa Web Design Banda Aceh : Creatv.id

Harga BBM Naik, Tarif Bus di Lhokseumawe Ikut Melonjak

spot_img

LHOKSEUMAWE | ACEH INFO – Kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) membuat semua sektor ekonomi turut menaikkan harga. Begitu juga dengan tarif bus di Kota Lhokseumawe yang ikut naik harganya.

Munawir, salah seorang pihak loket transportasi PT. Putra Pelangi Perkasa saat diwawancarai acehinfo.id, Jumat, 9 September 2022 di Terminal Kota Lhokseumawe menjelaskan, kenaikan harga tarif bus dampak dari kenaikan BBM.

“Kenaikan harga itu dampak dari kenaikan BBM, jadi harga minyak naik, tarif bus terpaksa harus kita naikkan,” katanya.

Munawir mengatakan kenaikan harga tersebut hasil dari koordinasi antara perusahaan transportasi.

“Untuk instruksi kenaikan kami mengikuti arahan dari PT, kalau PT bilang naik, ya kami akan menaikkan, kenaikan per kepala dari biasanya sekitar 20 hingga 30 ribu,” ujarnya.

Harga tiket bus tipe 18.36 rute Lhokseumawe – Banda Aceh sebelum BBM naik dibandrol Rp110 ribu. Namun, sekarang menjadi Rp130 ribu. Sedangkan bus yang lebih besar, seperti tipe tronton, dari sebelumnya Rp120 ribu menjadi Rp140 ribu.

Harga tersebut juga sama jika bus dari Lhokseumawe menuju ke Medan Sumatera Utara.

Hal yang sama dipaparkan pihak loket PT. Kurnia Anugrah Pusaka (KAP) Group, yaitu Ramli. Dia mengatakan kenaikan harga tersebut untuk menstabilkan penghasilan dan pengeluaran bus.

“Begitu harga minyak naik, harga tarif bus langsung kita naikkan, dulu biaya minyak bus pulang pergi Lhokseumawe-Medan Rp 1.400.000, sekarang bus harus isi minyak Rp 2.100,000, maka untuk menstabilkan itu tarif bus dinaikkan,” paparnya.

Kenaikkan harga tiket bus ini memaksa penumpang menerima dan mengeluarkan biaya yang lebih dari biasanya.

Hal tersebut dialami Juli, seorang penumpang bus Putra Pelangi. Dirinya harus mengeluarkan uang untuk membeli tiket Rp140 ribu dari Lhokseumawe menuju Medan.

“Terasa kali kenaikan harga tiketnya, seminggu yang lalu saya balik dari Medan itu naik bus tipe besar masih Rp120 ribu, sekarang sudah jadi Rp140 ribu, ya mau enggak mau harus kita bayar segitu,” ungkap Juli.

Juli berharap harga BBM dapat turun lagi agar harga tiket bus dapat kembali seperti semula. “Kan kita warga ekonomi menengah ke bawah, pasti terasa sulit,” ujarnya.[]

PEWARTA: MAULIDI ALFATA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

MINGGU INI

© Jasa Web Design Banda Aceh : Gamiah