26.1 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

POPULER

Harga Daging Capai 180 Ribu Per Kilogram di Lhokseumawe

LHOKSEUMAWE | ACEH INFO – Meskipun di tengah wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), harga daging sapi di Kota Lhokseumawe dijual mencapai Rp 170 ribu hingga Rp 180 ribu per kilogram. Harga tersebut memang relatif naik jelang meugang.

Begitu juga dengan harga daging ayam boiler yang mencapai Rp 50 ribu hingga Rp 70 ribu per kilogram, sementara cabai merah turut melambung mencapai Rp 100 ribu per kilogram, serta bawang merah Rp 60 ribu per kilogram.

Asisten II Pemerintah Kota Lhokseumawe Bidang Pembangunan dan Ekonomi, Anwar mengatakan, pihaknya telah meninjau sejumlah pasar di Kota Lhokseumawe.

“Harga cabai dan bawang dipicu kelangkaan akibat pasokan dari daerah penghasil seperti Aceh Tengah, Brastagi, Sumatera Utara, sehingga selama dua pekan terakhir mengalami kenaikan harga,” ujar Anwar, Jumat, 8 Juli 2022.

Anwar menambahkan, harga daging tetap mahal karena tradisi pembelian daging meugang. Hanya saja, minat masyarakat membeli daging sapi menurun seiring dengan penyakit PMK sekarang sekarang ini.

Pemerintah Kota Lhokseumawe sudah mengambil langkah untuk memastikan kesehatan sapi yang disembelih untuk meugang dan kurban. Seluruh sapi harus mengantongi sertifikat sehat dari dokter hewan yang telah disiagakan di sejumlah kecamatan.

“Kita telah berupaya agar daging sapi yang dijual saat meugang bebas dari PMK dan harus memiliki sertifikat sehat,” katanya.[]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

MINGGU INI