26.1 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

POPULER

Jelang Idul Adha, Pedagang Lhokseumawe Pilih Jual Kambing Ketimbang Sapi

LHOKSEUMAWE|ACEHINFO-Penjualan hewan ternak untuk Kurban di Lhokseumawe didominasi hewan ternak kambing. Penjualan hewan ternak sapi mengaku mengalami penurunan penjualan.

Hal tersebut sebagaimana diungkap seorang pedagang kambing di Taman Riyadhah, Gampong Kuta Blang, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe pada Rabu, 6 Juli 2022.

M Aris Munandar (29), salah seorang pedagang kambing saat ditemui media acehinfo.id mengatakan bahwa untuk tahun ini, pedagang lebih memilih menjual ternak kambing dibanding sapi.

“Tahun ini kita tidak terlalu berani jual lembu karena PMK (penyakit mulut dan kuku), dikarenakan ada PMK kan, tahun ini baru terjual lembu sekitaran 4 ekor, sementara tahun lalu sampai 10 ekor. Sekarang kita beralih ke kambing semua, karena PMK pindah ke kambing,” kata pria yang disapa Aris ini.

Aris mengatakan bahwa dalam sepekan terakhir ia telah menjual 27 ekor kambing. Harga kambing bervariasi antara Rp 2,4 juta sampai dengan Rp 4,5 juta tergantung umur kambing. Tahun lalu kambing umur 2 tahun dengan berat 14-15 kg dijual seharga Rp 2,2 juta

“Harganya ada yang Rp 2,4 juta, 2,5 juta, 2,7 juta, 3 juta, sampai 4,5 juta. Paling muda umurnya 2 tahun dengan berat 14-15 Kilogram, paling besar umur 3 tahun dengan berat 35-40 Kilogram,” jelas Aris.

Untuk penjualan kambing, ia mengaku bisa menjual 4 ekor setiap harinya. Tahun lalu ia mengaku bisa menjual sampai 60 ekor sampai hari meugang.

“Dibandingkan tahun lalu, tahun ini, jika dibawa 30 ekor, ada laku ini hari 4 ekor, tahun lalu 60 ekor sampai jelang meugang. Ada kemungkinan bisa meningkat lebih banyak karena ada sisa 4 hari lagi,” ungkap Aris.

Aris yang merupakan warga Gampong Uteun Bayi, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe ini mengaku menjalani profesi tersebut sejak masih duduk di bangku SMP. Dari 6 pedagang kambing yang mangkal di Taman Riyadhah tersebut, mereka semua merupakan keluarga peternak dan pedagang kambing secara turun-temurun.

Di Lhokseumawe, lokasi penjualan kambing ada di Taman Riyadhah, depan Bank Indonesia Lhokseumawe. Pedagang buka mulai jam 9 pagi sampai jam 6 sore sampai Sabtu mendatang. Aris mengatakan bahwa pada hari meugang nanti ia akan berjualan daging nantinya di Pasar Inpres Lhokseumawe.[]

 

 

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

MINGGU INI