25.6 C
Banda Aceh
Saturday, November 27, 2021

Jemaah Haji Tahun Ini Mulai Berdatangan di Makkah

Jakarta — Jemaah haji mulai berdatangan di Makkah, Arab Saudi, pada Sabtu (17/7), untuk menunaikan ibadah haji. Ini menjadi pelaksanaan ibadah haji kedua yang berlangsung di tengah pandemi Covid-19.
Dalam pelaksanaan ibadah haji kali ini, pemerintah Arab Saudi mengeluarkan sejumlah peraturan. Di antaranya membatasi jumlah jemaah yakni sebanyak 60.000 orang.

Kemudian orang yang bisa melaksanakan haji hanyalah penduduk setempat yang sudah menerima vaksin dosis penuh, serta berusia 18-65 tahun tanpa penyakit kronis.

Puluhan ribu warga Arab Saudi yang diizinkan ibadah haji tahun ini dipilih melalui undian. Jumlah tahun ini lebih tinggi dibandingkan 2020. Namun jumlah itu masih jauh lebih rendah dibandingkan jumlah jemaah di ibadah haji di waktu normal sebelum pandemi Covid-19.

Diberitakan AFP, Sabtu (17/7), di antara calon jemaah yang terpilih untuk mengikuti ibadah haji tahun ini adalah seorang warga bernama Ameen.

Kontraktor minyak asal India berusia 58 tahun yang bermukim di kota Dammam, Arab Saudi, ini terpilih untuk melaksanakan ibadah haji bersama istri dan tiga anaknya yang sudah dewasa.

“Kami sangat senang,” kata Ameen. “Ada banyak teman dan kerabat kami yang ditolak [ikut ibadah haji],” lanjutnya.

Selian Ameen dan keluarganya, seorang apoteker bernama Mohammed El Eter juga mengaku senang bisa terpilih untuk menjalankan ibadah haji tahun ini.

“Saya merasa seperti saya memenangkan lotre. Ini adalah momen spesial yang tak terlupakan sepanjang hidup. Saya bersyukur kepada Allah karena memberi saya kesempatan ini, untuk diterima di antara banyak orang yang melamar,” ujar Mohammed El Eter yang berasal dari Mesir.

Ameen dan Mohammed El Eter merupakan sebagian kecil dari populasi ekspatriat dari Asia Selatan, Afrika, serta Timur Tengah yang bermukim di Arab Saudi.

Sebelumnya, pemerintah Arab Saudi mengumumkan ibadah haji kali ini hanya dibuka untuk warga domestik dan ekspatriat yang tinggal di Arab Saudi saja.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

info terkait

Penyerang Pos Polisi di Aceh Serahkan Diri ke Polisi

BANDA ACEH I ACEH INFO - Setelah melakukan berbagai tahapan yang melibatkan keluarga dan tokoh masyarakat, empat terduga pelaku penembakan Pos Polisi Panton Reu,...
info terkini
info populer
info random