27.9 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

POPULER

© Jasa Web Design Banda Aceh : Creatv.id

Jembatan Rangka Baja Peunaron Baru Terancam Roboh

spot_img

IDI RAYEUK I ACEH INFO – Jembatan rangka baja ringan rute Peunaron Baru-Ranto Panjang Berdari dan Srimulya, Kabupaten Aceh Timur terancam roboh.

Jembatan sepanjang 100 meter yang membentang di sungai Peureulak itu kini semakin miring. Pondasi sisi kanan arah Srimulya amblas dan turun hingga 50 centimeter, sehingga menyebabkan jembatan tidak seimbang dan bagian besi di tengah jembatan melengkung.

Kemudian lantai jembatan berupa kayu hanya dipasang seadanya oleh warga sehingga saat hujan jembatan itu licin, tak ayal banyak petani yang lewat terperosok.

Darkasyi, Camat Peunaron bersama aparatur Gampong Peunaron Baru meninjau jembatan itu pada Selasa 13 September 2022.

Darkasyi meninjau langsung jembatan yang dibangun pada tahun 1990 silam, masa transmigrasi atau Trans Suakarsa Mandiri (TSM) Rawa Pakis.

“Usia jembatan ini kurang lebih 33 tahun, tidak pernah direhab. Penyebab jembatan ini miring karena faktor alam, pondasi yang menurun kemungkinan karena struktur tanah lumpur di DAS Sungai Peureulak,” kata Darkasyi.

Kalau kita bilang beban jembatan berat, disini hanya melintas truk bermuatan 6 ton. “Jadi memang jembatan ini sudah tua, sudah lapuk, usianya hampir setengah abad,”kata Darkasyi.

Truk bermuatan sawit kalau lewat jembatannya goyang, jadi tidak berani lagi lewat karena takut jembatan roboh ke dalam sungai. “Warga hanya berani lewat pakai motor langsir sawit atau langsir hasil kebun lainnya, kita himbau warga hati hati,” ungkap Darkasyi.

Kemudian kita berupaya untuk melaporkan persoalan jembatan ini pada bupati pihak dinas terkait, agar dibangun kembali, jembatan ini merupakan akses utama menuju Srimulya, Ranto Panjang Berdari dan lokasi Suaka Rhino Sumatra (SRS) atau Penangkaran Badak, semua pihak harus mendukung agar jembatan ini dapat dibangun secepatnya.

Kontributor :Ardiansyah

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

MINGGU INI

© Jasa Web Design Banda Aceh : Gamiah