25.1 C
Banda Aceh
spot_img
spot_img

TERKINI

POPULER

© Jasa Web Design Banda Aceh : Creatv.id

Jokowi Kurban Sapi ke Aceh Tengah, Bobotnya Nyaris Satu Ton

spot_img

ACEH BESAR | ACEH INFO – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) membeli sapi untuk dikurbankan pada Iduladha 1443 Hijriah dari peternak di Kabupaten Aceh Besar, Aceh. Sapi yang dibeli berjenis Simental berbobot 874 kilogram atau nyaris satu ton.

“Sapi dibeli dari peternak binaan kita di Aceh Besar, namanya Pak Yan, Kecamatan Blang Bintang,” kata Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Peternakan Aceh Besar, Firdaus, pada Sabtu, 9 Juli 2022.

Alasan dipilih kurban dari wilayah Kabupaten Aceh Besar, dikatakan Firdaus, karena daerah ini kerap dijadikan tempat penggemukan sapi. Bahkan, orang nomor satu di Indonesia tersebut telah kali ketiga membeli sapi dari kabupaten ini.

“Karena Aceh Besar inikan salah satu wilayah penggemuk sapi di Aceh. Sudah tiga kali,” ujarnya.

Terkait kondisi sapi kurban milik presiden, diakui Firdaus, dalam kondisi sehat. Pihaknya telah melakukan sejumlah pengecekan kesehatan hingga membatasi aktivitas manusia dengan sapi tersebut.

“Dari Aceh Besar kita sudah mengeluarkan surat keterangan kesehatan hewan,” imbuhnya.

Sapi berusia lebih dua tahun yang memiliki berat 874 kilogram itu, dikatakan Firdaus, telah diserahkan ke Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah.

Penyerahan dilakukan langsung oleh Nova Iriansyah, gubernur Aceh kala itu, di pelataran Meuligoe Gubernur Aceh, Senin (4/07/2022) lalu.

“Karena sebelumnya sudah pernah diserahkan -sapi kurban- ke Aceh Besar juga, jadi bergiliran,” kata Firdaus. []

PEWARTA: MUHAMMAD

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
spot_img

MINGGU INI

© Jasa Web Design Banda Aceh : Gamiah