24 C
Aceh

TERKINI

POPULER

© Jasa Web Design Banda Aceh : Creatv.id

Kader Mundur Karena Anies diusung, NasDem Rugi?

JAKARTA|ACEHINFO-Sejumlah kader Partai NasDem mengumumkan pengunduran dirinya setelah partai besutan Surya Paloh itu mengumumkan akan mengusung Anies Baswedan sebagai calon presiden. Mereka tak setuju dengan keputusan itu.

Mereka diantaranya adalah Ketua Departemen Bidang UMKM DPP Partai NasDem Nilu Djelantik. Desainer busana ternama itu menyatakan tidak sejalan dengan pilihan politik partainya, meski tidak punya masalah pribadi dengan Gubernur DKI Jakarta itu.

Ada juga nama Ketua DPW Gerakan Restorasi Pedagang dan UMKM (Garpu) NasDem Sulawesi Utara (Sulut) Fredriek ‘Didi Roa’ Lumalente. Kemudian satu orang lagi yang menyatakan mundur dari Nasdem adalah Ketua Bidang Hubungan Eksekutif di DPW NasDem Bali Anak Agung Ngurah Panji Astika.

NasDem disebut-sebut terbelah setelah pegumuman capres itu. Anies dinilai tak cocok diusung partai nasionalis seperti NasDem karena dianggap terlalu merepresntasikan kelompok muslim.
Ketiga kader NasDem yang buru-buru menyatakan mundur itu memang berasal dari wilayah tengah dan timur Indonesia dan juga beragama non muslim. Meski tak menyatakan secara langsung, ketiganya disebut-sebut berada di kubu yang menginginkan NasDem mengusung tokoh lebih plural semisal Ganjar Pranowo.

Wakil Sekretaris Jenderal DPP Partai NasDem Hermawi Taslim mengatakan partai tak kehilangan kader setelah deklarasi Anies.

Menurut Hermawi, keputusan NasDem mengusung Anies justru menambah kekuatan partai. Ia menyebut kader NasDem bertambah sekitar 3.601 orang setelah deklarasi Anies capres.

“Saya meyakini jumlah masyarakat yang akan menjadi kader NasDem akan terus bertambah. Seperti istilah atau pepatah mati satu tumbuh seribu dan esa hilang, seribu terbilang,” ucap Hermawi.

Pengamat Politik Universitas Al-Azhar Indonesia, Ujang Komarudin mengatakan, Partai NasDem akan mendapatkan keuntungan dalam mendapatkan ceruk suara pada Pemilu 2024. Sebab, Anies mampu menaikkan elektabilitas Partai NasDem.

“Menjadi sebuah keuntungan positif bagi Partai NasDem, makanya NasDem kesemsem mati-matian untuk lebih dulu mencapreskan Anies. Karena NasDem paham bahwa dengan mengusung Anies elektabilitasnya itu akan tinggi, akan besar, akan naik,” kata Ujang.

Saat mendeklarasikan Anies sebagai Capres yang akan mereka usung, Surya Paloh menilai Anies adalah sosok terbaik di antara yang terbaik untuk diusung sebagai Capres. Itu menjadi dasar NasDem memutuskan untuk mengusung Anies di Pemilu 2024.

“NasDem menghargai anak-anak bangsa yang mempunyai niat yang baik untuk mendharmabhaktikan dirinya memimpin negeri ini, NasDem memiliki keyakinan untuk mencari yang terbaik dari yang terbaik,” kata Paloh di Kantor DPP NasDem, NasDem Tower Jakarta, Senin (3/10).

“Inilah kenapa akhirnya NasDem memilih seorang sosok Anies Rasyid Baswedan,” kata Paloh yang diikuti riuh tepuk tangan dan suara takbir.[]

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

MINGGU INI

© Jasa Web Design Banda Aceh : Gamiah